Borneo Hits

Sejumlah Megaproyek Kalsel Rampung di 2024

Beberapa megaproyek di Kalimantan Selatan bakal rampung tahun ini. Hal itu disampaikan Dinas PUPR Kalsel bersama Tenaga Ahli Gubernur di Ruang PM Noor Setdaprov

Featured-Image
Penampakan gelanggang olahraga di Kegubernuran Kalsel. Foto: Dinas PUPR Kalimantan Selatan

bakabar.com, BANJARBARU - Beberapa megaproyek di Kalimantan Selatan bakal rampung sebelum akhir 2024.

Dari Bidang Cipta Karya, terdapat pembangunan sarana prasarana gelanggang olahraga dengan pagu anggaran Rp33,9 miliar. Sampai sekarang fisik gelanggang olahraga sudah rampung.

"InsyaAllah pekerjaan sarpas selesai di Agustus 2024," jelas Kepala Dnas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ahmad Solhan, Kamis (29/2).

Kemudian progres Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin, diestimasi sudah 72,95 persen. Pembangunan ikon Kalsel ini juga akan rampung Agustus mendatang.

Selanjutnya megaproyek Masjid Syekh M Arsyad Al-Banjari di Kegubernuran Kalsel, diklaim sudah berprogres sebanyak 65 persen.

Adapun di Bidang Bina Marga, terdapat proyek Jalan Hayupi-Batulicin sepanjang 35 kilometer. Masih tersisa 12,58 kilometer lagi dengan anggaran Rp33,1 miliar.

Sedangkan jembatan Batulicin-Kotabaru, sudah disiapkan dalam APBD 2024 sebesar Rp500 miliar. Pekerjaan masih dalam proses revisi DED dan lelang kontruksi.

Sementara Jembatan Kintamani I dengan anggaran Rp25 miliar masih dalam proses lelang., "Jembatan itu akan dikerjakan sepanjang 60 meter dan lebar jembatan 6 meter," sahut Andri Fadli, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel.

Proyek prioritas lain adalah pengembangan jaringan Banjarbakula dengan pagu Rp49,9 miliar yang ditarget rampung di akhir 2024.

Ada juga paket proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi DIR. Rawa Negara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (DAK) senilai Rp11,5 miliar lebih.

Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi DIR Antasan Tanipah di Kabupaten Banjar senilai Rp17 miliar, dan proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi DIR Tanggul dengan pagu senilai Rp10 miliar.

“Semua proyek tersebut dalam persiapan lelang melalui e-katalog," tuntas Andri.

Editor
Komentar
Banner
Banner