Hari Buruh Intenasional

Massa Buruh 'Pecah', Geruduk DPR dan Bertahan di Patung Kuda

Separuh massa buruh telah bergerak ke Istora Senayan untuk melakukan aksi. Sementara massa yang lain terus bertahan di Patung Kuda.

Featured-Image
Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal memberikan semangat dalam aksi buruh di Patung Kuda, Monas, Jakarta, Senin (1/5).Foto: apahabar.com/Andrew Tito.

bakabar.com, JAKARTA - Ribuan massa dari organisasi buruh yang melaksanakan aksi May Day hingga kini terlihat mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda menuju Istora Senayan Jakarta Pusat, Senin 1 Mei 2023.

Sebagian massa terlihat mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda dengan rencana berkumpul kembali ke Istora Senayan.

"Kembali ke kendaraan masing-masing, masuk bus masing-masing, kita akan menuju Istora," ujar salah satu orator dari atas mobil komando di Patung Kuda, Senin (1/5).

Baca Juga: Hari Buruh di Temanggung, Diperingati dengan Jalan Sehat

Massa buruh mengambil kendaraannya probadinya dan meninggalkan kawasan Patung Kuda menuju Istora, sejumlah bus buruh di IRTI Monas juga terlihat.

Sementara masih ada ratusan buruh yang bertahan di kawasan Patung Kuda yang terus melakukan orasi dengan menerikan yel-yel buruh.

Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal mengungkap aksi terpaksa dilakukan di Patung Kuda lantaran ada larangan oleh pihak kepolisian untuk digelar di depan Istana Negara dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Teman-teman lihat, kami juga juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian tidak diizinkan untuk menuju Istana dan gedung Mahkamah Konstitusi. Maka kami melakukan aksi di seputaran patung kuda atau bundaran yang di depan gedung Indosat," ujar Said Iqbal dati atas mobil komando dengan pengeras suara di kawasan Patung Kuda," tuturnya.

Baca Juga: [FOTO] Semarak May Day! Ribuan Buruh Membanjiri Patung Kuda

Said mengatakan diperkirakan aksi buruh yang ada di Jakarta di hadiri oleh 50 ribu orang buruh.

"Hari ini massa yang hadir lebih dari 50 ribu buruh, kawan-kawan silakan cek di hitung saja dari bus, karena bus yang sudah masuk hampir mendekati 900 bus, berarti lebih dari 50 ribu buruh, itu cara mengukur jumlah buruh yang hadir," ujarnya

Hingga kini sebagaian massa buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) tiba di Patung Kuda dengan mengenakan baju berwarna merah dan menggelar aksi di bawah JPO.

Baca Juga: Massa Buruh Terus Bertambah di Patung Kuda, Bersiap Geruduk Istora Senayan

Untuk diketahui, Partai Buruh dan organisasi Serikat Buruh akan melakukan aksi memperingati hari buruh atau May Day yang akan berpusat di area Patung Kuda hari ini, Senin 1 Mei 2023.

Aksi May Day diketahui juga akan dilakukan secara serempak di 38 provinsi.

Dalam aksinya, terdapat 7 poin penting tutuntan buruh kepada pemerintah. Yakni :

1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Ciptaker.

2. Cabut parliamentary threshold 4 persen dan Presidential threshold 20 persen karena membahayakan demokrasi yang kita kenal.

3. Sahkan RUU DPR dan perlindungan pekerja rumah tangga.

4. Tolak RUU kesehatan

5. Reforma agraria dan kedaulatan pangan. Tolak bank tanah, tolak impor beras kedelai dan lain-lain.

6. Pilih capres yang pro buruh dan kelas pekerja. Partai buruh haram hukumnya berkoalisi dengan parpol yang mengesahkan UU Ciptakerja.

7. HOSTUM, hapus out scorsing tolak upah murah.

Editor


Komentar
Banner
Banner