Sepakbola Internasional

Luis Suarez Meninggal Dunia, Barcelona Turut Berduka

Legenda Barcelona Luis Suarez meninggal dunia di usia 88 tahun di Milan, Italia, Minggu (9/7).

Featured-Image
Kondisi finansial Barcelona belum membaik jelang bursa transfer musim panas. (Foto: dok. insider)

bakabar.com, JAKARTA - Legenda Barcelona Luis Suarez meninggal dunia di Milan, Italia, Minggu (9/7). Ia merupakan satu-satunya pemain kelahiran Spanyol yang sukses meraih Ballon D'or. 

Sebelum lebih jauh, Luis Suarez yang dimaksud ini adalah Luis Suarez Miramontes, yang merupakan legenda Barcelona era 1950an, bukan Luis Suarez tandem Lionel Messi pada 2014-2020.

Meninggalnya Luis Suarez membuat Barcelona turut beduka. Apalagi, ia merupakan pemain Spanyol paling sukses, khususnya secara individu karena meraih Ballon d'Or pada 1960. Itu didapatkan setelah membantu Barca merebut gelar La Liga dan Piala Inter-Cities Fairs pada 1959.

Baca Juga: Cedera Terus-menerus, Rekan di Gremio Khawatir Luis Suarez Pensiun

"Luis Suarez Miramontes meninggal dunia Minggu ini di Milan pada usia 88 tahun. Dikenal sebagai 'Luisito' dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Spanyol, serta menjadi bagian penting dari Barca di paruh kedua tahun 1950-an," kata Barcelona dalam pernyataan resminya.

Luis Suarez membela Barcelona selama tujuh tahun dari 1954 hingga 1961. Ia mengukir 80 gol dan sebuah assist dari 176 pertandingan di semua ajang, termasuk mempersembahkan dua gelar La Liga dan dua Copa del Rey. 

Setelah itu, Luis Suarez bermain untuk klub asal Italia, Inter Milan, pada 1961 hingga 1970 dan meraih tiga gelar Liga Italia, serta dua trofi Liga Champions.

Baca Juga: Ilkay Gundogan Sepakati Kontrak Dua Musim di Barcelona

Setelah itu, Luis Suarez membela Sampdoria dan pensiun pada Juli 1973. Sepanjang kariernya, ia mencatatkan total 151 gol dari 595 pertandingan di semua ajang.

Bersama Timnas Spanyol, Luis Suarez mengukir 14 gol dari 32 pertandingan di semua ajang. Pria kelahiran A Coruna, 2 Mei 1935 tersebut berpartisipasi dalam keberhasilan La Furia Roja menjadi juara Piala Eropa 1964.

Editor


Komentar
Banner
Banner