News

KTP Digital Segera Berlaku di Banjarmasin, Kartu Fisik Dihapus?

apahabar.com, BANJARMASIN – Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital segera berlaku di Banjarmasin. Nantinya, KTP ini dapat…

Featured-Image
9 Juni, warga Banjarmasin sudah bisa menginstal aplikasi KTP digital. Foto ilustrasi: Republika

bakabar.com, BANJARMASIN – Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital segera berlaku di Banjarmasin. Nantinya, KTP ini dapat diakses di handphone android.

Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Banjarmasin Fakhriawati menyampaikan KTP digital yang berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat dijadwalkan sekira bulan Juni.

“Jadi ini akan diterapkan di seluruh daerah di Indonesia, untuk Kota Banjarmasin atau wilayah Kalsel dijadwalkan pusat atau menginstal aplikasinya pada 9 Juni 2022,” ujarnya, Minggu (17/4), dilansir Antara.

Setelah diinstal itu, pada SIAK terpusat, dokumen kependudukan warga bisa dilihat di aplikasi seperti aplikasi Peduli Lindungi untuk data warga sudah vaksinasi Covid-19.

“Jadi lengkap data kependudukan di sana, ada data KTP, Kartu Keluarga (KK) hingga terkoneksi juga dengan data NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan lainnya,” kata Fakhriawati.

Kendati begitu, adanya KTP digital ini tidak menghapus KTP elektronik yang kartu-nya sudah dimiliki warga.

“Jadi kartu fisik masih ada, kan tidak semua orang miliki HP canggih atau HP android, demikian juga bisa memakainya, jadi tidak dipaksakan semua harus mengakses aplikasi SIAK terpusat ini,” ujarnya.

Menurut Fakhriawati, hal ini menjadi kemudahan bagi warga yang tidak harus selalu membawa KTP-EL di dompet, tapi bisa diakses di mana saja asal sinyal internet baik.

Menurut dia lagi, ini sebagai kemajuan pemanfaatan teknologi di mana masyarakat bisa dimudahkan dalam segala hal.

“Sebab saat ini hampir semua orang sudah melek teknologi, miliki HP android,” ujarnya.



Komentar
Banner
Banner