News

KPU Tapin Bantah Sudah Merilis Daftar Nama Caleg Terpilih

Rekapitulasi di tingkat kecamatan masih berlangsung, namun salembaran daftar Calon Legislatif (Caleg) terpilih pada Pemilu 2024 di Tapin beredar di masyarakat.

Featured-Image
Suasana pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kecamatan Tapin Utara. Foto: bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Mengingat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan masih berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin membantah telah merilis daftar caleg DPRD kabupaten yang terpilih dalam Pemilu 2024.

Daftar nama caleg DPRD Tapin tersebut sudah beredar dalam beberapa hari terakhir di media sosial. 

Dinarasikan bahwa dari 25 kursi di DPRD Tapin, Partai Golkar mendominasi dengan perolehan 10 kursi, disusul PDI Perjuangan dan Gerindra yang masing-masing memperoleh 3 kursi.

Kemudian PKB, Nasdem dan Partai Demokrat disebutkan masing-masing meraih 2 kursi. Sisanya PKS, PAN dan PPP mendapatkan masing-masing 1 kursi.

Khusus Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Tapin dengan wilayah pemilihan Kecamatan Tapin Utara, Bungur, Piani, dan Lokpaikat, 7 kursi yang direbutkan sudah ditempati H Daritaniansyah, H Midpay Syahbani, H Hairuji, Rakhmad Hidayat, Muhammad Baseri, Ismail, dan H Rustan Nawawi.

Sedangkan kursi-kursi di Dapil 2 Tapin wilayah pemilihan Kecamatan Tapin Selatan, Salam Babaris, Binuang, dan Hatungun, telah ditempati Achmad Riduan Syah, Taufik Hidayat, Rahman Nor Wahyudi, H Misran, M Tegar Mi'radinata, Fatmawati, Wahyu Nugroho Ranoro, H Mislan, H Yamar Hadi, dan H Rajudin Noor

Sementara caleg terpilih dari Dapil 3 Tapin dengan wilayah pemilihan Kecamatan Tapin Tengah, Bakarangan, CLU dan CLS adalah H Muhammad Arifin Arpan, H Gilang Firdaus Helmi, Yuspianor, Muhammad Fajri Rahman, Herny Mustika, Ahmad Syarnobi, H Ihwanudin, dan Robby Apriandie.

Menanggapi daftar yang beredar, KPU Tapin langsung mengeluarkan klarifikasi. Dipastikan itu bukan hasil resmi, mengingat proses rekapitulasi masih berlangsung.

"Kami memastikan bahwa daftar yang berdar bukan dari KPU Tapin, karena proses rekapitulasi belum selesai dan belum diplenokan," tegas Ketua KPU Tapin, Fakhrian Noor, Minggu (25/2). 

"InsyaAllah rekapitulasi dan pleno di seluruh kecamatan diperkirakan rampung awal pekan ini. Tinggal Kecamatan Tapin Utara yang belum melakukan pleno rekapitulasi," sambungnya.

Terlepas dari daftar yang berdar, KPU Tapin mengapresiasi kesadaran masyarakat  dalam menunaikan hak pilih, termasuk ke TPS khusus seperti di PT KIU dan Rutan Kelas IIB Rantau.

"Kami berterima kasih atas partisipasi dan antusiasme masyarakat, sehingga kemeriahan Pemilu 2024 di Tapin begitu terasa," tutup Fakhrian Noor.

Editor
Komentar
Banner
Banner