News

KPK Panggil Kepala Bea Cukai Makassar Pekan Depan, Bakal Periksa Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono atas buntut dari harta kekayaannya yang viral di media sosial.

Featured-Image
Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono atas buntut dari harta kekayaannya yang viral di media sosial.

Adapun pemanggilannya ini diperkirakan akan dilakukan pada Selasa atau Kamis pekan depan.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, pemanggilan ini dilakukan dalam rangka klarifikasi menyangkut aset-aset mewah miliknya yang beredar di media sosial. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan konfirmasi dan pemeriksaan atas sejumlah data dan dokumen.

"Nanti kita minta rekening banknya. Ke semua bank, asuransi, saham. Ke BPN, semua sertifikat atas nama beliau, istri, anak, kita minta," kata Pahala dikutip dari detikFinance, Jumat (10/3).

Baca Juga: Viral Pejabat Bea Cukai Pamer Hidup Mewah, Kemenkeu Bilang Gini

Adapun pemeriksaan terhadap rekening dan aset-aset ini dilakukan salah satunya demi melakukan pengecekan dugaan gratifikasi yang sempat disinggung oleh sejumlah pihak.

Pahala menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penelusuran mendalam menyangkut latar belakang Andhi.

"Kita sudah lihat sejarahnya bagaimana. Dari dia masuk PNS ke mana saja. Kita juga sudah tahu LHKPN-nya perkembangannya seperti apa dari tahun ke tahun. Sudah kita analisa," imbuhnya.

Pahala mengatakan, rencananya KPK akan memanggil Andhi antara hari Selasa atau Kamis pekan depan. Adapun segala informasi, mulai dari penelusurannya hingga informasi yang dibagikan publik telah dikumpulkannya sebagai dasar pemeriksaan.

"Kalau tidak Selasa, Kamis (minggu depan). Karena itu, foto yang rumahnya megah itu. Kemudian ada foto pakaian yang saya tidak tahu mereknya apa. Sambil kita cek juga benar atau tidak harta yang dilaporkannya," kata Pahala.

"Makanya nanti informasi dari masyarakat, ada dua atau tiga terkait beliau, sudah dikumpulkan. Ya buat amunisi supaya nanti saat bertanya tidak bingung," lanjutnya.

Baca Juga: Harta Kekayaan Tidak Wajar, Kemenkeu Ancam Pecat 69 Pegawai

Sekadar diketahui, belakangan tengah ramai diperbincangkan soal para pejabat Kementerian Keuangan, khususnya bea cukai yang memiliki harta berlimpah. Salah satunya yakni Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

Ia mendapat sorotan usai viral di media sosial aset yang diduga miliknya. Aset yang viral itu yakni sebuah rumah mewah diduga berada di kawasan Legenda Wisata Cibubur.

Dari video yang beredar, terlihat aset tersebut berupa rumah tingkat megah berkelir putih. Akun yang sama juga membagikan postingan lain yang menarasikan anak dan istri Andhi Pramono dengan outfit mahal.

Sementara itu, berdasarkan Laporan LHKPN terakhirnya yang dilaporkan pada 16 Februari 2022 untuk periodik 2021, Andhi tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 13,75 miliar.

Baca Juga: Belasan Ribu Pegawai Kemenkeu Tak Lapor Kekayaan, Mayoritas Pejabat Pajak

Editor


Komentar
Banner
Banner