Kasus Korupsi

KPK Klaim Telah Cecar Puluhan Saksi Dugaan Korupsi Mentan SYL

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah mencecar puluhan aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi

Featured-Image
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/2). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah mencecar puluhan aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi yang menjerat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Maka kesaksian sejumlah pihak di Kementerian Pertanian menjadi infomasi yang memadai bagi KPK dalam menelusuri perkara rasuah.

“Saya kira jumlahnya puluhan sudah dimintai keterangan. Kemudian KPK juga sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (16/6).

Baca Juga: KPK Bakal Periksa Mentan Syahrul Yasin Limpo Hari Ini

“Berikutnya, saya kira kami akan tentukan sikap setelah para pihak yang diundang itu seluruhnya hadir dan cukup kami dapat ambil kesimpulan beberapa hal pada proses-proses penyelidikan,” sambungnya.

Kemudian Ali enggan membeberkan lebih rinci terkait kasus yang diduga bakal menjerat Menteri Pertanian SYL lantaran masih dalam tahap penyelidikan.

Untuk itu KPK belum bisa melakukan pencegahan SYL untuk bepergian ke luar negeri beserta para saksi yang diduga ikut terjerat dalam kasus korupsi.

Baca Juga: Dituding Bidik Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK: Setop Narasi Itu!

“Kalau sudah proses penyidikan itu kan banyak bisa dilakukan. Bisa penggeledahan, pencegahan ke luar Negeri,” pungkasnya.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan bakal memeriksa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (16/6).

Pemeriksaan Menteri SYL berkaitan dengan kabar dirinya tersangkut dugaan kasus korupsi dan peluang menyandang status tersangka korupsi. Bahkan sejumlah pihak menuding Mentan SYL menjadi 'korban' kriminalisasi KPK.

"Benar, dijadwalkan untuk hadir besok Jumat (16/6) jam 09.30 WIB di Gedung Merah Putih KPK," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (15/6) kemarin.

Baca Juga: BREAKING! KPK Segera Tersangkakan Mentan Syahrul Yasin Limpo

Ali menerangkan pihaknya berharap Menteri SYL dapat memenuhi panggilan KPK untuk membeberkan sejumlah jawaban terkait kasus yang tengah menyelubungi dirinya di Kementerian Pertanian.

"Kami berharap yang bersangkutan bisa hadir memenuhi undangan dimaksud," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner