Sepak bola nasional

Ketum PSSI: Pemilik Klub Sepak Bola Hanya Titipan

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menilai jika seseorang mempunyai klub sepak bola merupakan sebuah titipan.

Featured-Image
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir diwawancarai awak media saat meninjau fasilitas olaraga Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (16/7/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menilai jika seseorang mempunyai klub sepak bola merupakan sebuah titipan.

Menurutnya, arti dari sebuah titipan itu adalah tanggung jawab bagaimana pemilik tersebut bisa bertanggung jawab hingga bisa melayani para fans klub dengan baik agar tidak adanya merasa kecewa.

"Ingat loh, saya selalu bilang kalau memiliki sebuah klub sepak bola itu adalah sebuah tanggung jawab bagaimana kita menghormati dan melayani fans. Karena klub itu adalah sebuah titipan," ujar Erick kepada bakabar.com, Senin (31/7).

Baca Juga: Berani Nakal di PSSI, Dicopot Erick Thohir!

Karena menurut Erick, melayani fans dengan baik merupakan kunci dalam mempunyai klub. Selain itu, ia juga harus komersialisasi ketika adanya orang yang ingin berinvestasi.

"Nah, tentu ketika ada orang yang ingin berinvestasi, ya kita harus buka, apalagi ingin meningkatkan daripada persepakbolaan," ujar Erick.

Namun demikian, Erick mengingatkan, kalau para pemilik klub sepak bola jangan sampai ada seseorang yang mengoceh ketika melakukan jual beli klub.

Baca Juga: PSSI Disarankan Bentuk Satgas Mafia Sepak Bola Berantas Rumah Judi

"Nah tetapi yang kita tidak mau, ada misalnya individu-individu yang melakukan jual beli, yang akhirnya semua jangka pendek, sayang," tutur Erick.

Karena menurut Erick, dengan kita memiliki klub sepak bola, kita harus mempunyai komitmen yang sangat besar untuk menumbuhkan klub tersebut.

"Membangun sepak bola itu perjuangannya berdarah-darah, siapa suruh mau punya klub sepak bola. Kalah tidak bisa tidur, ngambek, kenapa tidak menang, kalau menang senyum-senyum sendiri sampai istri bingung, seri pun kadang-kadang tak bisa tidur," lanjut Erick.

Baca Juga: Pengamat Sepakbola: PSSI Harus Segera Bentuk Tim Pencari Fakta Mafia Wasit

Diketahui, Erick pernah mengakuisisi klub Italia, Inter Milan pada November 2013. Ia dipercaya sebagai presiden klub hingga 2018.

Bersamaan dengan itu, Erick sempat memiliki klub Amerika Serikat, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Editor


Komentar
Banner
Banner