Penilaian Adipura

Kelurahan Maluhu Mewakili Kukar Ikut Penilaian Adipura

Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong mewakili Kukar masuk dalam penilain Adipura tahun 2023 pada kategori kawasan Permukiman dan Bank Sampah.

Featured-Image
Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro yang menjadi pionir dalam menjaga kebersihan lingkungannya,Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) masuk dalam penilaian Adipura tahun 2023 pada kategori kawasan Permukiman dan Bank Sampah.

Penilaian itu dilakukan oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 2 hingga 4 Oktober 2023 lalu. Terpilihnya Kelurahan Maluhu sebagai perwakilan Kukar dalam penilaian Adipura, tidak lepas dari peran Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

Baca Juga: Tingkatkan SDM, Pemkab Kukar Terus Salurkan Beasiswa ke Pelajar hingga Guru

Ia sukses menjadi pionir yang menggerakan seluruh masyarakat Maluhu, dalam upaya bersama menjaga kebersihan lingkungan dan mengatur tatanan permukiman dengan baik.

"Tahun ini, Kelurahan Maluhu menjadi perwakilan Kukar dalam penilaian Adipura. Wilayah yang dinilai mencakup kawasan perkantoran, pertokoan, dan permukiman. Kelurahan Maluhu bertanggung jawab atas penilaian kawasan permukiman dan bank sampah," kata Joko, Selasa (10/10).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Joko menjelaslan penilaian Adipura dilakukan setiap tahun, tetapi Kukar sudah lama tidak mendapatkan nominasi. Kukar terakhir mendapat piala Adipura pada tahun 2014 silam.

Berdasarkan penuturan Joko, para penilai dari tim Adipura memberikan respons yang baik terhadap apa yang disajikan oleh Maluhu. Masyarakat Maluhu memiliki budaya kebersihan yang kuat, termasuk gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dibuka, Kuota 983 Penerima

Ia menyebut sebelum penilaian tim Adipura, Kelurahan Maluhu telah melakukan berbagai upaya untuk mempercantik lingkungan mereka, seperti pembuatan taman, lomba kebersihan, dan lainnya.

Selama penilaian, tim Adipura bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar dan Kelurahan Maluhu sebagai tim pembantu dalma pemeliharaan kebersihan dan keindahan.

"Kami berharap bahwa hasil penilaian ini dapat memberikan hasil yang positif dan memungkinkan kita mendapatkan penghargaan Adipura lagi, yang merupakan penghargaan prestisius untuk kebersihan lingkungan di Indonesia," tandasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner