Beasiswa Kukar Idaman

Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dibuka, Kuota 983 Penerima

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah membuka pendaftaran tahap kedua Program Beasiswa Kukar Idaman untuk stimulan sejak Senin (2/10).

Featured-Image
Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Dendy Irwan Fahriza

bakabar.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah membuka pendaftaran tahap kedua Program Beasiswa Kukar Idaman untuk stimulan sejak Senin (2/10).

Hal ini dipastikan sesuai dengan Surat Pengumuman Bupati Kutai Kartanegara nomor B-2251/KESRA/KESMAS/065.20/2023, tentang Pembukaan Beasiswa Kutai Kartanegara Idaman Tahap II.

Sebelumnya Pemkab membuka pendaftaran tahap pertama dengan alokasi anggaran sebesar Rp20 miliar. Pada tahap kedua ini Pemkab Kukar menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk target 983 penerima.

Baca Juga: Disbun Kukar Galakan Program STD-B untuk Sertifikasi Kebun Sawit Petani

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Dendy Irwan Fahriza menjelaskan berbeda dengan tahap pertama yang menyediakan beasiswa kerjasama, pada tahap kedua ini akan fokus pada beasiswa stimulan dan beasiswa 1000 guru sarjana.

Untuk menyebarluaskan informasi dibukanya pendaftaran beasiswa Kukar Idaman tahap II Ini, Dendy mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi bagi para calon penerima beasiswa.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

“Kami menyiapkan jadwal sosialisasi mulai tanggal 9 hingga 19 Oktober. Sasarannya perguruan tinggi yang ada di Kaltim dengan cakupan guru, calon guru dan mahasiswa S1 di 20 kecamatan kita dan juga akan menyasar SMA dan SMK sederajat. Kita bagi per zona lokusnya di wilayah hulu, tengah dan pesisir,” jelas Dendy, Kamis (5/10).

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya akan melakukan sosialisasi, tapi juga akan turut melakukan pendampingan pada seluruh pendaftar yang memenuhi syarat.

Untuk diketahui, persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa maupun guru yang ingin mendaftar program ini antara lain IPK 2,5, umur maksimal 50 tahun dan maksimal Semester 8 untuk beasiswa 1000 guru sarjana.

Baca Juga: Dispora Kukar Gelar Jambore Hingga Firefighter Oktober Ini

Kemudian untuk S1, minimal IPK 3,0. Stimulan dibuka dengan tiga kategori yakni stimulan berprestasi, IPK 3,0 ke atas, kemudian stimulan prestasi non akademik yang menyasar pemuda, pramuka, atlet berprestasi dan juara MTQ.

Sedangkan penerima beasiswa stimulan yatim piatu pra sejahtera perlu menyertakan surat keterangan dari Dinas Sosial. Persyaratan yang sama berlaku untuk penerima stimulan SMA/SMK sederajat.

“Kami tegaskan untuk tidak salah kamar. Untuk itu kami memberikan pendampingan langsung. Makanya kami juga sediakan template dan format untuk permudah pendaftar. Karena banyak yang gugur karena format tidak sesuai. Ikuti saja proses dan panduannya. Kalau memang tidak bisa, silahkan datang ke ruang pelayanan, akan kami dampingi,” tegasnya.

Baca Juga: Wabup Rendi Solihin Terima 2 Penghargaan untuk Kukar di Rakornas P2DD 2023

Program ini sendiri merupakan salah satu misi dari Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

“Jadi untuk Beasiswa Kukar Idaman tahap satu ini, kita targetkan akhir Oktober sudah cair karena menunggu SK Bupati saja. Untuk tahap kedua karena kita sudah penutupan buku, targetnya minggu kedua Desember sudah cair. Nanti penerima akan langsung menerima di rekening mereka,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner