Beasiswa Kukar Idaman

Tingkatkan SDM, Pemkab Kukar Terus Salurkan Beasiswa ke Pelajar hingga Guru

Pemkab Kutai Kartanegara berkomitmen untuk meningkatkan SDM di daerahnya. Dukungan itu dilakukan melalui program Beasiswa Kukar Idaman.

Featured-Image
Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza saat diwawabcara dalam ruang kerjanya.Foto: Diskominfo Kukar.

bakabar.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya. Dukungan itu dilakukan melalui program Beasiswa Kukar Idaman.

Salah satu program beasiswa itu adalah Program Dedikasi Kukar Idaman. Program itu baru saja menerima pendaftaran untuk Pelajar, Santri, Mahasiswa, hingga guru.

Untuk tahun ini, Pemkab Kukar membuka dua tahap pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman. Tahap pertama telah direalisasikan di awal tahun, sementara tahap kedua berlangsung bulan Oktober 2023.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Tahap Kedua Dibuka, Kuota 983 Penerima

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza mengatakan sejak tahap awal beasiswa ini banyak diminati pelajar, santri dan mahasiswa di Kukar. Oleh sebab itu, ia meminta agar pendaftar terus mencoba apabila pengajuan beasiswa mereka belum lolos.

“Memang kita buka dua kali dalam satu tahun dan tidak menutup kemungkinan adanya pendaftar yang tidak lolos syarat administrasi atau lainnya. Jadi jangan putus asa, ikuti saja sesuai persyaratan,” kata Dendy, Senin (9/10).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Ia meminta para pendaftar untuk memerhatikan dengan seksama saat mengunduh persyaratan yang diminta. Terutama dokumen-dokumen yang asli untuk discan dan disubmit ke web.

Dalam beberapa kasus saat pendaftaran, ada pelajar atau mahasiswa yang membantu temannya mendaftar, tapi ia malah yang tidak lolos. Sementara teman yang dibantunya lolos.

Baca Juga: Pemkab Kukar Segera Salurkan Ratusan Ton Beras kepada Masyarakat

Karena itu, Dendy megingatkan kepada para pendaftar agar tidak gegabah saat pemindaian berkas yang bisa mengakibatkan mereka tidak lolos. Ia juga meminta agar mereka tidak putus asa, karena program ini selalu ada setiap tahun.

“Kalau memang tidak lolos, masih ada di tahapan kedua. Dan di tahun depan kami juga membuka lagi kuota Beasiswa Kukar Idaman. Rencananya bulan Februari sudah dibuka. Jadi tetap semangat adik-adik, tahun depan kita mulai lebih awal agar bisa mengcover pembayaran SPP di bulan Mei dan Juni sehingga tepat sasaran,” tegasnya.

Baca Juga: Pemkab Kukar Matangkan Persiapan MTQ Tingkat Kecamatan ke-44

Sebagai informasi, Beasiswa Kukar Idaman terdiri dari beasiswa stimulan dan beasiswa 1.000 guru sarjana. Di tahun 2023 ini, tahap pertama membuka kuota bagi 800 penerima beasiswa stimulant. Pagu anggaran di tahap kepertama ini mencapai Rp20 Miliar. Sementara untuk tahap kedua nilainya mencapai Rp5 Miliar untuk 983 penerima.

“Untuk tahap pertama kemungkinan bulan Oktober ini cair, tinggal menunggu SK Bupati. Sedangkan untuk tahap kedua rencananya minggu kedua bulan Desember. Nominal beasiswa stimulant tahun ini meningkat, jadi penerima akan mendapatkan bantuan Rp5 Juta,” tutup Dendy.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner