Hot Borneo

Kebakaran Mapolda Kalsel: Diduga Korsleting di Plafon Bag Binkar Biro SDM

Teka-teki penyebab terbakarnya gedung Biro SDM Polda Kalimantan Selatan mulai terjawab. Dari jasil olah TKP sementara kebakaran diduga akibat korsleting listrik

Featured-Image
Korsleting listrik itu terjadi di plafon atap bangunan tertua di Mapolda Kalsel tersebut. Persisnya di ruang Bagian Pembinaan Karier (Bag Binkar). Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN - Teka-teki penyebab terbakarnya gedung Biro SDM Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai terjawab. Dari jasil olah TKP sementara kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Hasil kesimpulan sementara memang ada korsleting listrik," ujar Direktur Reskrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman, Kamis (26/1) sore.

Korsleting listrik itu terjadi di plafon atap bangunan tertua di Mapolda Kalsel tersebut. Persisnya di ruang Bagian Pembinaan Karier (Bag Binkar).

Baca Juga: Puslabfor Mulai Selidiki Kebakaran Mapolda Kalsel

"Pada saat kejadian pun kurang lebih jam tujuh malam sudah hujan, sampai kejadian masih gerimis. Dan itu dari atas plafon salah satu ruangan di Biro SDM," jelasnya.

Kesimpulan dugaan akibat korsleting itu diambil dari hasil olah TKP sementara yang dilakukan penyidik Ditreskrimum Polda Kalsel usai kebakaran terjadi.

"Memang usai kejadian kami juga sudah melakukan olah TKP personel Polda Kalsel sendiri ada yang memiliki sertifikat terkait olah TKP perkara kebakaran," jelas Hendri.

Di sisi lain, Tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Timur mulai melakukan serangkaian penyelidikan kebakaran yang terjadi pada Rabu (25/1) malam sekitar pukul 21.30 Wita itu.

Baca Juga: Tak Mudah Padamkan Api di Markas Polda Kalsel, Relawan Berjibaku Satu Jam Lebih

Mereka sengaja didatangkan dari Polda Jawa Timur untuk mencari tahu secara pasti penyebab kebakaran. "Ada tiga orang. Yang mimpin tadi Kombes Pol Sodiq," beber Hendri.

Hendri memperkirakan penyelidikan yang dilakukan Tim Puslabfor pun tak akan memakan waktu yang lama. "Setelah pemeriksaan sore ini mungkin besok sudah balik," bebernya.

Lantas berapa lama hasil bakal keluar? "Kalau hasil secara tertulis ini memakan waktu dua sampai tiga hari. Tapi sebelumnya tentu sudah ada gambaran hasil analisis dan evaluasi," pungkasnya.

Baca Juga: Update Kebakaran Mapolda Kalsel: Api Berkobar Lebih Sejam!

Sebelumnya diberitakan, Tim Puslabfor Polda Jawa Timur mulai menyelidiki kebakaran Mapolda Kalimantan Selatan, Kamis (25/1) sore.

Tim Puslabfor itu berjumlah tiga orang. Kombes Pol Sodiq Pratomo, Kompol Handi dan Kompol Agus. Mereka tiba di Mapolda Kalsel sekitar pukul 16.30 Wita.

Setibanya di Mapolda Kalsel, tim langsung melakukan serangkaian penyelidikan dengan memasuki gedung Biro SDM. Termasuk mengumpulkan keterangan dari saksi. 

Editor
Komentar
Banner
Banner