Darurat Karhutla

Karhutla Melahap 4 Hektare Lahan di Tapin

Kebakaran hutan lahan (karhutla) membuat ludes empat hektare lahan di Kecamatan Binuang dan Kecamatan Tapin Selatan, Minggu (27/8) petang.

Featured-Image
Personil BPBD Tapin saat melakukan pemadaman Karhutla di Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Tapin. Foto - Posdalups-PB BPBD Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Kebakaran hutan lahan (karhutla) membuat ludes empat hektare lahan di Kecamatan Binuang dan Kecamatan Tapin Selatan, Minggu (27/8) petang.

Karhutla di dua titik tersebut dibenarkan oleh Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Rahmat Amrullah. Kejadian pertama terjadi di Kelurahan Raya Belanti RT.14 RW.05, Kecamatan Binuang.

"Waktu kejadian sejak sekitar pukul 18.05-21.51 WITA," ujarnya.

Baca Juga: Kembangkan AIT, Yayasan Madani: Karhutla 2023 Lebih Buruk dari 2022

Adapun kawasan yang terbakar merupakan lahan semak belukar dengan luas lahan kurang lebih empat hektare.

"Api berhasil dipadamkan," kata Rahmat.

Usai melakukan pemadaman di wilayah Kecamatan Binuang, pihaknya melanjutkan pemadaman di wilayah Kecamatan Lokpaikat.

Kejadian di titik karhutla kedua terjadi sekitar pukul 19.06-21.40 WITA di Desa Rumintin, Kecamatan Tapin Selatan. Lebih tepatnya di dekat stockpile TBA merupakan lahan semak beluar dengan luas lahan sekitar setengah hektare.

Baca Juga: Dampak Karhutla, Ribuan Warga Banjarbaru Idap ISPA

Kedua titik karhutla tersebut berhasil dipadamkan berkat kerja sama BPBD Tapin, Tagana, Bapara, masyarakat sekitar, beserta TNI dan Polri.

Ia mengakui tim gabungan sempat mengalami kesulitan saat melakukan pemadaman total. Ini disebabkan karena mash terdapat titik api yang masih menyala di dalam semak-semak.

"Api berhasil dipadamkan kurang lebih 90 persen. Kondisi terkini masih terdapat kepulan asap, namun kondisi masih dalam status aman," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner