Gugatan Masa Jabatan

Judicial Review ke MK, Perpanjangan Jabatan KPK Harusnya Berlaku di Era Berikut

MAKI akan mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang KPK terkait masa jabatan pimpinan yang diajukan Wakil Ketua KPK agar berlaku di era selanjutnya.

Featured-Image
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman di Bareskrim Polri (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, akan mengajukan uji materi atau judicial review (JR) terhadap Undang-Undang KPK terkait masa jabatan pimpinan yang diajukan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

"Kita mau mengajukan uji materi bahwa putusan jabatan pimpinan KPK 5 tahun berlaku untuk periode berikutnya bukan sekarang jadi pansel (panitia seleksi), harus dibentuk," kata Boyamin di Jakarta, Sabtu (3/5).

Menurut Boyamin, dalam norma hukum sebuah putusan tidak berlaku surut. Maka dari itu menurut dia keputusan MK itu harus diterapkan pada periode KPK selanjutnya.

"Maju ke MK bahwa ini akan berlaku untuk masa yang akan datang," jelasnya.

Baca Juga: Polemik Perpanjangan Jabatan KPK, MAKI: Pemerintah Harus Segera Bikin Pansel

Adapun berdasarkan laman resmi Mahkamah Konstitusi, mekanisme pengajuan Uji materi MK, diatur dalam Pasal 51 UU No. 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (UU MK)

Yang dapat memohon judicial review kepada MK adalah: perorangan warga negara Indonesia, kesatuan masyarakat hukum adat sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip NKRI, badan hukum publik ataupun privat, dan lembaga negara.

Lebih lanjut, Boyamin saat ini mereka masih merumuskan bahan uji materi yang akan diajukan terkait putusan masa berlaku pimpinan KPK, yang tadinya 4 tahun menjadi 5 tahun agar berlaku pada era selanjutnya.

"Ya masih dirumuskan ya saya sesiapnya  sebulan Dua bulan kedepan, soal nanti ada keppres baru untuk memperpanjang nanti akan ditinjau lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Nurul Ghufron Pasrah Hadapi Tudingan Politisasi Masa Jabatan KPK

Seperti diketahui, MK telah memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan pimpinan KPK menjadi lima tahun. MK menyebutkan masa jabatan pimpinan KPK selama empat tahun adalah tidak konstitusional dan mengubahnya menjadi lima tahun.

Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dalam sidang pengucapan ketetapan dan putusan di Jakarta, Kamis (25/5).

MK menilai penting untuk menyamakan ketentuan tentang periode jabatan lembaga negara yang bersifat independen yaitu lima tahun.

Editor


Komentar
Banner
Banner