Piala Dunia U-17

Jelang Piala Dunia U-17, JIS Lakukan Perawatan Khusus untuk Rumput

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah melakukan pembenahan untuk Jakarta International Stadium (JIS) menjelang Piala Dunia U-17

Featured-Image
Bagian dalam Jakarta International Stadium, Senin (26/6). (Foto: apahabar.com/Ryan)

bakabar.com, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah melakukan pembenahan untuk Jakarta International Stadium (JIS) menjelang perhelatan Piala Dunia U-17 FIFA yang berlangsung pada 10 November- 2 Desember 2023. Salah satunya proses perawatan (treatment) rumput di stadion utama.

Pihaknya kini telah melakukan Proses treatment rumput di stadion utama dengan beberapa tahapan.

Perawatan rumput dimulai dengan penggulungan rumput secara manual untuk menjaga keutuhan akar, kemudian dipindahkan ke lokasi nursery rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery.

“Proses penggantian rumput ini sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang 2 kali sehari atau 3 kali sehari," kata Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin lewat keterangannya, Kamis (31/8).

Baca Juga: Jadi Pembuka Piala Dunia U-17, PSSI Kebut Perbaikan Rumput JIS

Selanjutnya, rumput perlu dirawat secara intensif agar dapat maksimal saat digunakan dalam pertandingan selanjutnya.

"Kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” lanjutnya.

Iwan menyebut, bahwa kedepan akan ada lebih dari satu nursery. Menurutnya rumput harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu.

"Penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA," ucap Iwan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Akan Buat Akses Baru Keluar Masuk Penonton JIS

Proses treatment rumput lapangan JIS dilakukan supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna.

Selain itu, proses treatment juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi.

“Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput-rumput yang mengalami stres karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali," ujarnya.

Baca Juga: PSSI Pastikan Pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS, Penutupan di Solo

Diketahui, Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi venue utama di mana akan menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia.

Selain JIS, penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Editor


Komentar
Banner
Banner