Piala Dunia U-17

Jadi Pembuka Piala Dunia U-17, PSSI Kebut Perbaikan Rumput JIS

PSSI terus melakukan perbaikan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang akan menjadi pembuka Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November mendatang.

Featured-Image
Bagian dalam Jakarta International Stadium, Senin (26/6). (Foto: apahabar.com/Ryan)

bakabar.com, JAKARTA -PSSI terus melakukan perbaikan Jakarta International Stadium (JIS) yang akan menjadi pembuka Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November mendatang.

Sebelumnya, FIFA memberi catatan pada JIS agar segera melakukan perbaikan akses dan rumput stadion.  

Terkait catatan FIFA itu, PSSI bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan Pemprov Jakarta sedang melakukan perbaikan sesuai dengan standar FIFA.

Baca Juga: PSSI Pastikan Pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS, Penutupan di Solo

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga mengatakan pekerjaan ini dilakukan melibatkan lintas instansi dan juga rekanan internasional yang biasa terlibat di sejumlah agenda FIFA karena waktu yang sudah sangat mepet.  

“Kita sedang diburu tenggat untuk memperbaiki agar catatan FIFA bisa kita tuntaskan secara baik yakni soal perbaikan rumput dan akses ke stadion,” ujar Arya Sinulingga.

FIFA telah menunjuk konsultan dari Australia untuk perbaikan rumput Stadion JIS. Menurut Arya, JIS memang perlu perbaikan mendasar jika dibandingkan dengan ketiga stadion lain yang juga menjadi venue Piala Dunia. 

Baca Juga: PSSI Beberkan Alasan Palembang dan Bali Dicoret dari Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Sebab JIS belum pernah dipakai untuk ajang level nasional, apalagi internasional. Berbeda dengan ketiga stadion lain yang sejatinya sudah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20.

“Dari ketiga stadion lain sejatinya sudah dilakukan perbaikan baik rumput maupun fasilitas lain pada masa persiapan Piala Dunia U-20 lalu. Bahkan perbaikan rumputnya menggunakan mesin yang didatangkan FIFA dari Inggris. Nah untuk JIS ini memang mesti dikebut karena waktunya yang sangat singkat,” ujar Arya. 

Arya meminta agar seluruh pihak mengedepankan kepentingan nasional demi kesuksesan Piala Dunia U-17.

Adanya pihak yang memanfaatkan isu stadion Piala Dunia-17 demi kepentingan politis menjadi hal yang patut disayangkan.

Baca Juga: Masalah Dana, PSSI Usulkan Piala Dunia U-17 Hanya Gelar di 4 Stadion

“Piala Dunia U-17 ini bukan perkara orang per orang atau kelompok, tapi soal marwah bangsa. Jadi stadion diperbaiki memang merupakan kewajaran, karena toh semua stadion melalui fase itu. Kali ini giliran perbaikan JIS, kok malah digoreng di luar isu sepak bola?” ujar Arya menyayangkan.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Nantinya, ada empat stadion yang digunakan yaitu JIS, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Jalak Harupat, dan Stadion Manahan.

Editor


Komentar
Banner
Banner