Siaran TV Digital

Jawa Timur Terapkan Siaran Digital, Siapkan STB sebelum TV Jadi 'Semut'

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap memulai penghentian siaran analog alias analog-switch off (ASO) di wilayah Jawa Timur 1 pada 20 Desember.

Featured-Image
Jawa Timur terapkan siaran digital. Foto: apahabar.com/DF

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap memulai penghentian siaran analog alias analog-switch off (ASO) di wilayah Jawa Timur 1 pada 20 Desember 2022 pukul 24.00 WIB.

Wilayah siaran Jawa Timur 1 meliputi 10 kabupaten dan kota, yakni Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Gresik.

Lalu Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan.

Kementerian Kominfo juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan perangkat set top box (STB) jika masih menggunakan TV analog agar bisa menonton siaran TV digital.

"Kami mendorong masyarakat di (wilayah siaran) Jawa Timur 1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong, dikutip apahabar dari Antara, Senin (12/12).

Baca Juga: 5 Wilayah termasuk Bandung dan Jogja Siap Akses Siaran TV Digital

Baca Juga: Cuma Minta via WhatsApp, Bisa Dapat Set Top Box TV Digital Gratis

Data terbaru dari Kementerian Kominfo menyebutkan distribusi bantuan STB untuk rumah tangga miskin di wilayah siaran Jawa Timur 1 sudah 100 persen.

Pihaknya, kata Usman, menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) menjamin ketersediaan perangkat STB di pasaran dengan harga terjangkau.

Sebelumnya, ASO juga sudah diterapkan di sejumlah wilayah siaran di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kepulauan Riau pada 2 Desember 2022.

Dari 696 stasiun televisi di seluruh wilayah di Indonesia, terdapat 580 stasiun yang bersiaran simulcast atau siaran analog dan digital secara bersamaan.

Editor


Komentar
Banner
Banner