Tips Memilih Lampu

Jangan Sembarang Ikut Tren, Ini Tips Memilih Lampu Mobil yang Pas

Tren penggunaan lampu putih yang digunakan oleh mobil, akhir-akhir ini sedang digandrungi sebagian orang.

Featured-Image
Jenis-jenis lampu mobil (Foto: apahabar.com/Regent)

bakabar.com, JAKARTA - Tren penggunaan lampu putih yang digunakan oleh mobil, akhir-akhir ini sedang digandrungi sebagian orang. Banyak yang ingin terlihat kendaraannya menggunakan lampu yang lebih terang daripada bawaan pabrikan.

Lampu putih memang terlihat memiliki kelebihan, di antaranya kecerahan yang lebih maksimal, sehingga memikat mata saat digunakan di area perkotaan.

Namun, tidak disarankan untuk menggunakan sembarang lampu yang dianggap mampu untuk segala medan. Bisa saja, lampu yang kita pilih malah tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Salah satunya datang dari Tomi Airbrush, bengkel modifikasi yang terletak di daerah Jakarta Barat. Sang pemilik, Tomi Gunawan menyebut lampu mobil dapat disesuaikan dengan penggunaan medan / jalur kendaraan itu sendiri.

Baca Juga: Tren Pemilik Mobil Memilih Lampu Warna Putih, Berapa Harganya?

"Jadi biasanya orang asal pasang saja, tapi tergantung juga dari kebutuhan kita. Misalkan, ada orang yang suka ke luar kota, pegunungan dan di daerah hujan, nah itu memang ada lampu khusus, bukan seperti yang biasa dipakai," ujar Tomy saat ditemui bakabar.com, baru-baru ini.

Menurutnya, baik lampu kuning ataupun putih memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Misalnya, lampu kuning yang dapat sangat berguna di kala hujan untuk menembusnya.

Bagi yang ingin memasangnya, dapat dengan mudah menambahkan lampu kuning ataupun putih. Misalnya, dengan menggunakan lampu mini projector

"Biasanya, orang yang suka melewati medan berat seperti itu harus dilengkapi dengan semacam mini projector. Lampu tambahan itu nantinya digunakan warna (yang) berlawanan. Misalnya pas lampu utamanya putih, (maka) lampu tambahannya kuning dan sebaliknya," ungkapnya.

Baca Juga: Jangan Asal Ngekor, Pahami Arti Lampu Sein yang Ada di Bus Malam

Berdasarkan pengalamannya, beberapa pengendara pun memilih untuk mengganti projector pada lampu utamanya. Opsi tersebut dirasa efektif karena beberapa lampu projector telah memiliki teknologi rain breaker untuk dapat membantu pengendara di kala hujan.

"Untuk membantu si lampu utama, memang kebanyakan orang mengganti projector di lampu utama. Tapi teknologi si projector ini sudah cukup bagus. Jadi ada teknologi rain breaker ini berfungsi memecahkan di kala hujan dan kabut. Tapi, tidak maksimal, karena dia fungsi aslinya lampu malam dan biasa digunakan di perkotaan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner