Tips Otomotif

Bodi Kendaraan Dicat Airbrush, Lakukan Cara Ini agar Warna Tetap Cerah

Kendaraan dengan bodi bening dan punya penampilan kinclong dan mulus dibutuhkan perawatan yang intens.

Featured-Image
Mobil yang sudah melewati proses airbrush. (Foto: Bengkel Tomi Airbrush)

bakabar.com, JAKARTA - Kendaraan dengan bodi bening dan punya penampilan kinclong dan mulus dibutuhkan perawatan yang intens.

Untuk membuat terpikat orang yang melihatnya adalah dengan cara mengaplikasikan cat airbrush pada bodi kendaraan agar tampil makin elegan.

Akan tetapi, dalam merawat kendaraan yang menggunakan cat airbrush, diperlukan perhatian ekstra, baik itu motor maupun mobil.

Tomi Airbrush, bengkel pengecatan airbrush yang berada di daerah Duri Kepa, Jakarta Barat, memberikan tips langkah merawat cat airbrush.

Baca Juga: Oli Mobil Rembes Bikin Panik, Simak Cara Atasinya Tanpa Bongkar Mesin

Saat melakukan airbrush, mereka menggunakan cat berkualitas PolyUrethane (PU) yang dikenal memiliki daya tahan lebih baik dibanding karet.

Bila kendaraan yang terawat atau masih tergolong mulus, perawatannya akan jauh lebih mudah ketimbang yang terlanjur berjamur.

"Jadi perawatannya bisa dikatakan cukup simpel. Karena bodi yang masih mulus biasanya dilakukan setelah kita cuci, tinggal diberikan perawatan dengan wax," kata owner Tomi Airbrush, Tomy Gunawan saat ditemui bakabar.com, beberapa waktu lalu.

"Yang paling penting itu jangan dikeringkan di kondisi panas atau terkena sinar matahari secara langsung," sambungnya.

Baca Juga: Pilihan Mobil Baru Bermesin Bakar yang Rilis 2023, Harga hingga Rp1 M

Menurut Tomy, perawatan menggunakan wax dapat diulangi setiap 1-2 minggu sekali, atau setiap selesai kendaraan dicuci agar memberi lapisan dan perlindungan tambahan.

Kondisi berbeda jika kendaraan telah terlanjur memiliki jamur yang membandel atau 'mengerak'.

Jamur yang berkerak dan berusia tahunan, biasanya akan agak sulit dihilangkan.

"Kalau sudah mengerak jamurnya, diberikan treatment dengan compound dulu. Lebih tepatnya menggunakan cutting polish, untuk menghilangkan jamurnya. Setelah itu baru diberikan wax," imbuhnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner