Motor Listrik 2023

Jajaran Motor Listrik yang Melantai Sepanjang 2023 di Indonesia

Selain brand asal Jepang, terdapat para agen pemegang merek lain, termasuk jenama lokal yang merilis sepeda motor listrik pada 2023.

Featured-Image
Motor listrik Honda EM1 e: diusahakan dapat subsidi, estimasi harganya Rp45 juta. Foto: Harun/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Selain brand asal Jepang, terdapat para agen pemegang merek lain, termasuk jenama lokal yang merilis sepeda motor listrik pada tahun 2023.

Mula dari Studio Motor Electric Vehicle (SME) yang meluncurkan dua model motor listrik yakni EM-1 dan EMT yang memiliki berbagai keunggulan seperti jarak tampuh yang cukup jauh.

Lalu ada Kymco yang memperkenalkan skutik listrik iONEX, serta produsen asal Jepang yaitu Astra Honda Motor yang menghadirkan EM1 e:PLUS.

Nah, berikut rangkuman beberapa motor listrik yang meluncur di Indonesia sepanjang tahun 2023:

SMEV EM-1 dan EM-T

Motor listrik SMEV EM-1 dan EM-T yang hadir pada Juli lalu memiliki karakter berbeda yang mana SMEV EM-1 dikhususkan untuk jalur perkotaan dengan jarak tempuh hingga 110 km dan kecepatan maksimum 105 km/jam. Sedangkan EM-T hadir untuk kontur jalan yang tidak rata.

SMEV membekali EM-1 dengan baterai li-ion cell dari LG berdaya 72V40Ah, controller programmable dan dinamo listrik berkekuatan 3.000 watt.

Baca Juga: Siap-siap! Tahun 2024 Baterai Motor Listrik Mulai Distandarisasi

SMEV EM-1 disesuaikan dengan desain yang ramping dan juga menggunakan material bodi serat karbon kevlar yang membuatnya menjadi ringan dan lincah untuk bermanuver di jalan.

Sedangkan untuk EM-T hadir dengan menggunakan dinamo listrik berkekuatan 4.000 watt, baterai li-ion dengan cell dari LG berdaya 72V40Ah dan juga controller programmable.

Kymco iONEX

Pabrikan skutik asal Taiwan ini menghadirkan skutik listrik iONEX dalam empat varian yakni Agilty EV, i One Series, dan Mo One yang merupakan motor prototipe.

Untuk tipe Kymco Agility EV hadir daya maksimum sekitar 2,0 kW atau setara 2,6 tenaga kuda yang memiliki baterai Li-NMC berkapasitas 50,82V/34,3 Ah.

Skutik setrum itu mampu berakselerasi hingga 50 kilometer per jam dengan jarak tempuh kurang lebih 90 kilometer.

Baca Juga: Daftar Motor Baru Merek Jepang yang Rilis 2023, Skutik sampai Moge

Untuk skutik listrik model prototipe Kymco i-One Series yang terdiri atas i-One Xs dan i-One Plus dibekali daya 2000 watt serta model baterai Li-NMC 50,82V/34,3 Ah 1.743 watt yang memiliki kecepatan hingga 49 kilometer/jam dengan daya tempuh 90 kilometer.

Mo One dibekali dengan 400 watt dari baterai Li-NMC 50,82V/34,3Ah 1.743 watt. Skutik itu memiliki kecepatan antara 25 – 50 kilometer/jam, dengan kemampuan jarak tempuh 90 kilometer.

KILATS GOVA F600

PT KILATS Energy Indonesia merilis produk motor listrik pada April lalu dengan menghadirkan GOVA F600 yang didukung baterai 72V20ah dan dapat ditukar di stasiun penukaran bernama KILATS Swap 2.0.

GOVA F600 dapat menempuh jarak antara 80 km hingga 120 km berkat dua baterai yang dipasang pada motor.

Motor listrik ini ditopang dengan motor 3000W yang menghasilkan torsi 24N dan kecepatan maksimum yang dikendalikan pada 70km/jam.

Baca Juga: Hindari Rem Motor Matic Blong di Turunan Tajam, Caranya Simpel Sob!

Secara tampilan, motor listrik ini hadir lebih panjang dengan ground clearance yang tinggi dan suspensi ganda.

Kilats menyebut GOVA F600 rencananya akan dirakit secara lokal di fasilitas perakitan di daerah Jawa Barat.

Pabrikan tersrbut juga berusaha untuk menghadirkan komponen lokal utamanya pada 2024 sesuai dengan ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai di atas 40 persen secara bertahap.

Selis Agats Patroli

PT Juara Bike dengan merek Selis, bersama PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) memproduksi sepeda motor listrik Selis Agats Patroli yang akan digunakan sebagai armada Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Selis Agats Patroli sanggup menempuh kecepatan 65 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Motor ramah lingkungan tersebut dibekali baterai Lithium 72 Volts 23 Ah.

Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Viral Jadi Motor Dinas Satpol PP, Harganya Lumayan

Melalui dinamo 2.000 Watt, Selis Agats Patroli diklaim bertenaga dan cocok dikendarai di berbagai medan.

Terdapat pula sejumlah aksesori tambahan, seperti dua buah box pada bagian belakang yang masing-masing memiliki kapasitas 22 liter.

Selain itu, ada juga tambahan lampu strobo patroli yang terpasang di bagian belakang sepeda motor dan speaker sirine yang dipasang di sisi depan.

Selis Agats edisi Patroli ini juga sudah dilengkapi dengan STNK dan BPKB layaknya kendaraan bermotor pada umumnya sehingga bisa digunakan di jalan raya.

Project Dynamo

Oktober 2023 di ajang IMOS+, ION Mobility bersama TVS Motor Company memperkenalkan Project Dynamo dengan melahirkan skutik listrik bergaya sporty.

Project Dynamo merupakan bentuk komitmen ION Mobility dan juga TVS dalam menghadirkan kendaraan elektrik masa depan bagi para konsumen di Indonesia.

Baca Juga: Motor Baru Yamaha Qbix Bergaya Unik Mirip Robot, Harga Saingi Aerox

Charged-Vmoto

Produsen sepeda motor listrik Charged memperkenalkan lini terbarunya yang merupakan hasil kolaborasi eksklusif dengn jenama teknologi sepeda motor listrik Vmoto.

Jenama kendaraan tersebut memperkenalkan Rimau Bumblebee, Rimau Ecru, dan Maleo Latte pada Oktober tahun ini.

Untuk model Charged memiliki jarak tempuh impresif hingga 200 kilometer dengan berkendara efisien, berkat konfigurasi baterai ganda dengan kecepatan maksimum 95 kilometer/jam.

Sementara itu, motor listrik Maleo, memiliki jarak tempuh hingga 120 kilometer saat dikendarai efisien dengan satu baterai atau hingga 240 kilometer dengan baterai cadangan, dengan kecepatan maksimum 70 kilometer/jam.

Kalla KARS

Kalla Kars yang resmi menjadi diler United E-Motor memperkenalkan empat tipe motor listrik yaitu MX 1200, T1800, TX1800, dan TX3000 pada April 2023 lalu.

Motor listrik TX3000 dilengkapi spesifikasi 2 Slots Lithium Battery yang sanggup menempuh jarak hingga 120 km dengan manuver lincah berkecepatan hingga 90 km/jam.

Baca Juga: Wuling Air ev Jadi Mobil Listrik Terbaik versi Forwot, Intip Harganya

Soal keamanan, TX3000 dilengkapi dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Sedangkan TX1800 dapat melaju hingga kecepatan 75 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 65 km.

Kemudian di Agustus, Kalla Kars merilis motor listrik tipe MX 1200 yang mempunyai tenaga 2.200 Watt dengan baterai jenis Graphene berkapasitas 72V21,8Ah.

Motor listrik itu juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti layar panel digital lengkap, lampu LED dan DRL, kunci keyless/remote, mode kecepatan, reverse mode, alarm, port pengisian, dan aplikasi U-Key yang memiliki banyak fitur sangat fungsional.

Electrum H5

Perusahaan motor listrik Electrum meluncurkan lini produk pertamanya bernama H5 pada November kemarin.

Berbekal kompartemen dalam yang luas, Electrum H5 dapat menyimpan dua buah baterai dan helm sekaligus. Bahkan, ruang di bagian depan mampu memuat satu buah galon air ataupun tabung gas LPG.

Baca Juga: Adu Motor Listrik Honda EM1 e: vs Yamaha Neo, dari Harga sampai Fitur

Riset, pengembangan, hingga pengujian H5 dilakukan di tanah air sehingga motor listrik itu dinilai cocok untuk mengarungi berbagai karakteristik medan di Indonesia.

Perihal performa, motor listrik H5 memiliki puncak kecepatan 90 kilometer/jam, dan mampu melakukan akselerasi mencapai 0-60 kilometer/jam dalam waktu enam detik.

Honda EM1 e:

PT Astra Honda Motor (AHM) tak mau ketinggalan dengan memperkenalkan motor listrik Honda EM1 e: pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu.

Honda EM1 e: memiliki motor penggerak bertenaga maksimal 1,7 kW. motor listrik ini mendapatkan dukungan dari baterai MPP e: detachable yang dapat dilepas-pasang.

Menggunakan pengisian daya dari Honda Power Pack Charger e:, motor listrik itu diklaim bisa mengisi daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25 persen-75 persen dan 6 jam untuk 0 persen-100 persen.

Baca Juga: Pemesanan Honda EM1 e: Perlu Bayar Rp5 Juta, Kapan Dikirim ke Rumah?

Motor listrik itu mampu mencapai kecepatan maksimal 45 kilometer/jam dengan jarak maksimal 41,1 kilometer. Untuk mobilitas pada malam hari, Honda melengkapi dengan lampu LED di semua titik pencahayaan.

Terkait harga, AHM baru secara resmi mengumumkannya banderol Honda EM1 e: yakni sebesar Rp33 juta, sekaligus memperkenalkan pilihan terbaru Honda EM1 e: PLUS yang dipasarkan pada harga Rp33,5 juta

Honda EM1 e: PLUS dibekali dengan rear carrier untuk memudahkan konsumen membawa barang tambahan tanpa mengurangi kenyamanan saat berboncengan.

Editor
Komentar
Banner
Banner