Merawat Paru-paru

Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Makanan, Ada Apel hingga Kopi

Merawat paru-paru itu penting, tapi paparan asap rokok dan pola makan meradang bisa merusak sepasang organ vital ini.

Featured-Image
Ilustrasi dokter menunjukkan hasil CT scan paru-paru pada pasien Covid-19. Foto-istockphoto

bakabar.com, JAKARTA - Merawat paru-paru itu penting, tapi paparan asap rokok dan pola makan bisa merusak sepasang organ vital ini.

Melansir PudMed Central, lebih lanjut, gangguan umum seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan fibrosis paru, dapat memiliki dampak yang besar terhadap kualitas hidup.

Namun, hasil penelitian mengungkapkan bahwa perubahan gaya hidup, termasuk mengadopsi pola makan yang kaya nutrisi, dapat berperan dalam melindungi paru-paru dan bahkan mengurangi tingkat kerusakan dan gejala penyakit.

Tidak hanya itu, jenis nutrisi dan makanan tertentu juga telah diidentifikasi sebagai faktor yang sangat menguntungkan bagi fungsi paru-paru.

Berikut makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru, dikutip dari Healthline.

Apel

Apel mengandung flavonoid dan vitamin C tinggi. Foto: BirdShutterB/istock photo
Apel mengandung flavonoid dan vitamin C tinggi. Foto: BirdShutterB/istock photo

Makan apel secara rutin telah terbukti meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi apel secara teratur berhubungan dengan perlambatan penurunan fungsi paru-paru pada mantan perokok, dan mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu terkait dengan fungsi paru-paru yang lebih baik serta penurunan risiko PPOK.

Baca Juga: Binge Eating Disorder (BED): Gangguan Makan Berlebih, Pemicu Obesitas


Asupan apel juga berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena asma dan kanker paru-paru, kemungkinan karena kandungan antioksidan tinggi seperti flavonoid dan vitamin C di dalamnya.

Kopi
Kopi bagus untuk paru-paru karena mengandung. Foto: PeopleImages/istock photo
Kopi bagus untuk paru-paru karena mengandung kafein dan antioksidan. Foto: PeopleImages/istock photo


Minum kopi pagi tidak hanya meningkatkan energi, tetapi juga dapat melindungi paru-paru Anda. Kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi diyakini memberikan manfaat untuk kesehatan paru-paru.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan menjaga kesehatan pernapasan. Kafein, sebagai vasodilator, membantu melebarkan pembuluh darah, berpotensi meredakan gejala asma dalam jangka pendek.

Kunyit
Kunyit bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi menjaga kesehatan paru-paru karena menyandang antioksidan tinggi. Foto: mescioglu/istock photo
Kunyit bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi menjaga kesehatan paru-paru karena menyandang antioksidan tinggi. Foto: mescioglu/istock photo


Kunyit sering dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan berkat efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Curcumin, zat aktif utama dalam kunyit, memiliki manfaat besar dalam mendukung fungsi paru-paru.

Baca Juga: Kasus Obesitas di Indonesia Melonjak, Waspadai Gejala dan Penyebabnya

Teh Hijau
Teh hijau bagus untuk paru-paru. Foto: kuppa_rock/istock photo
Teh hijau bagus untuk paru-paru. Foto: kuppa_rock/istock photo


Teh hijau memiliki dampak positif pada kesehatan. Epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah jenis katekin dalam teh hijau, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, serta kemampuan untuk menghambat fibrosis atau pembentukan jaringan parut dalam tubuh.

Tomat dan Produk Tomat
Tomas mengandung. Foto: hdagli/istock photo
Tomas mengandung lycopene. Foto: hdagli/istock photo


Tomat dan makanan yang berasal darinya adalah salah satu sumber terkaya lycopene, sebuah karotenoid antioksidan yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru.

Mengonsumsi produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma serta meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Kakao dan Produk Kakao
Kakao mengandung. Foto: fcafotodigital/istock photo
Kakao mengandung flavonoid. Foto: fcafotodigital/istock photo


Produk kakao dan kakao seperti dark chocolate mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi dan mengandung senyawa yang disebut theobromine, yang membantu mengendurkan saluran udara di paru-paru.

Bluberi
Bluberi mengandung banyak. Foto: deliormanli/istock photo
Bluberi mengandung banyak nutrisi. Foto: deliormanli/istock photo


Blueberry mengandung banyak nutrisi dan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan dan pemeliharaan kesehatan paru-paru. Dalam blueberry terkandung banyak anthocyanin, seperti malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin.

Antosianin, pigmen kuat ini, terbukti mampu melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan akibat oksidasi.
Editor
Komentar
Banner
Banner