drama korea

Ini 5 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal

Arthdal Chronicle menjadi drama Korea dengan biaya produksi yang fantastis dengan rating tinggi.

Featured-Image
5 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal. Foto: kolase

bakabar.com, JAKARTA - Arthdal Chronicle menjadi drama Korea dengan biaya produksi yang fantastis dengan rating tinggi. 

Film dan drama Korea semakin menjadi pembicaraan. Pilihan genre, pemain dan biaya yang dikeluarkan sering menjadi buah bibir. Perjuangan sineas Korea Selatan tak sia-sia. Film dan drama Korea kini mulai merajai film dunia. 

Berikut lima drama Korea dengan biaya pembuatan yang mahal:

Arthdal Chronicle

Arthdal Chronicle season perdana yang rilis pada tahun 2019,  memiliki anggaran produksi yang cukup fantastis yaitu berkisar $46 juta atau sekitar Rp700 miliar (dengan kurs Rp15.246).

Hal itu menjadikannya sebagai drama termahal dalam industri Korea. Anggaran tersebut menjadi besar karena pembuatan set megah di Brunei dan Osan dengan efek yang menampilkan kesan fiksi negeri bernama Arth, serta para pemain yang memiliki bayaran yang fantastis seperti Song Jongki, Jang Donggun dan Kim Jiwon.

Drama yang disutradarai oleh Kim Wonsuk, dan ditulis oleh Kim Younghyun serta Park Sangyeon ini memiliki total 18 episode dan dapat disaksikan di Netflix.

Baca Juga: The Killing Vote dan Sederet Rekomendasi Drama Korea Thriller

Menjelang penayangan season kedua Arthdal Chronicle resmi akan memulai tayangan perdananya pada 9 September 2023, tvN membagikan beberapa poster dari pemain utama.

Arthdal Chronicles Season 2. Foto: kolase
Arthdal Chronicles Season 2. Foto: kolase

Arthdal Chronicle: The Sword of Aramun, memiliki latar belakang di sebuah negeri fiksi bernama Arthdal. Melanjutkan dari musim pertamanya, drama ini memiliki set waktu delapan tahun setelahnya.

Setelah lebih dari delapan tahun, Arthdal berhasil melawan pemberontakan dan membuat Agos mencapai kesuksesan.

Melalui poster terbarunya, Lee Joongi terlihat karismatik dengan tatapan tak terkalahnya ketika melihat musuhnya dan menunjukkan tekad yang kuat untuk menang.

Mr. Sunshine (2018)

Drama Korea Mr. Sunshine 2018. Foto: dok. imdb
Drama Korea Mr. Sunshine 2018. Foto: dok. imdb

Perkiraan biaya produksi dari drama ini berkisar $34 Juta atau sekitar Rp519 miliar, sebanding biaya produksi yang tinggi, drama ini mengantongi banyak pujian bagi penonton dan memiliki rating hingga mencapai 18% dilansir Nielson.

Baca Juga: Drama Korea The First Responders Season 2 Kembali Tayang

Mr. Sunshine memiliki latar tahun 1900-an, menceritakan Kapten Eugene Choi (Lee Byunghyun) yang melarikan diri ke AS dan tinggal disana. Bertahun-tahun kemudian, Eugene kembali ke Korea sebagai Perwira Marinir AS. Setelahnya ia beremu dengan Go Aeshin, seorang gadis bangsawan yang berjuang demi kemerdekaan Korea.

Drama bergenre sejarah, dan romansa ini yang ditulis Kim Eunsook, memiliki total episode 24 yang dapat disaksikan di Netflix.

Kingdom (2019)

Poster Drama Korea Kingdom 2019. Foto: dok. imdb
Poster Drama Korea Kingdom 2019. Foto: dok. imdb

Drama yang digadang-gadang sebagai genre zombie terbaik setelah Train to Busan ini memiliki total anggaran produksi sebesar $30 Juta atau sekitar Rp458 miliar. 

Memiliki latar belakang pada zaman Joseon, yang menceritakan virus zombie yang menular hingga ke penjuru Korea. Drama yang dibintangi Ju Jihoon dan Bae Doona ini hanya memiliki 6 episode pada kedua season.

Baca Juga: Drama Korea Juli 2023, Genre Komedi hingga Thriller Masih Menguasai

Drama ini kaya akan efek khusus dan adegan pertempuran dengan zombie, dengan pembuatan set era Joseon hingga tampilan menyerupai zombie membuat drama ini memerlukan biaya yang fantastis. Drama ini juga bisa disaksikan di Netflix.

Sweet Home (2020)

Poster Drama Korea Sweet Home (2020). Foto: dok. imdb
Poster Drama Korea Sweet Home (2020). Foto: dok. imdb

Drama ini kaya akan efek CGI berteknologi tinggi dan tampilan monster yang mengerikan, diperkirakan biaya produksi pada drama ini berkisar $26 Juta atau sekitar Rp397 miliar. 

Drama thriller horor ini disutradarai oleh Lee Eungbok, menceritakan tentang Cha Hyunsu (Song Kang) yang berjuang setelah kehilangan keluarganya, di sebuah negara yang perlahan penuh dengan monster ia pun memberanikan diri untuk menyelamatkan diri bersama para tetangga lainnya.

Drama ini bisa disaksikan di Netflix dan memiliki total 10 episode.

The King: Eternal Monarch (2020)

Poster Drama Korea The King Eternal Monarch. Foto: dok. imdb
Poster Drama Korea The King Eternal Monarch. Foto: dok. imdb

Drama yang ditulis oleh Kim Eunseok ini diketahui memiliki total pengeluaran sebesar $25 Juta atau sekitar Rp381.5 miliar, dan menjadi drama pertama Lee Minho setelah menyelesaikan wajib militernya.

Drama fiksi ini bertema dunia paralel antara Korea dan Kerajaan Korea, menceritakan bagaimana kisah Lee Gon (Lee Minho) seorang raja dari kerajaan Corea melakukan penyelidikan yang terjadi di masa lalunya dan bertemu dengan Jung Taeul (Kim Goeun) seorang detektif yang menangani kejahatan di kepolisian Seoul.

Wajar saja jika drama ini memakan biaya yang fantastis, lantaran set tempat yang disesuaikan, efek CGI serta kostum dan riasan dari para pemain. Drama ini memiliki total 16 episode dan dapat disaksikan di Netflix.

Editor
Komentar
Banner
Banner