kesehatan mental

Post Series Depression, Sindrom Rasa Hampa setelah Serial Berakhir

Para pecinta series seperti drama Korea kemungkinan besar pernah mengalami rasa hampa ketika serial tersebut berakhir.

Featured-Image
Post Series Depression, perasaan hampa setelah nonton film. Foto: Healthline

apahabar, JAKARTA – Para pecinta series seperti di drama Korea kemungkinan besar pernah mengalami rasa hampa ketika serial tersebut berakhir.

Ternyata kondisi tersebut merupakan sindrom Post Series Depression (PSD) dan umum dirasakan oleh sebagian orang yang sudah menyelesaikan series, film, atau buku favoritnya.

PSD merupakan kondisi merasa sedih, hampa, dan putus asa ketika film yang ia tonton berakhir. Sindrom ini belum diklarifikasikan sebagai gangguan medis, karena sindrom ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

Seringkali ketika kita sudah terikat dengan alur cerita dan karakter pemain maka  segala emosi ikut tertumpahkan. Maka sangat wajar apabila mengalami ledakan emosi setelah menonton film tersebut.

“Ini masuk akal sebagai cara non-klinis untuk menggambarkan fenomena psikologis kontemporer yang mungkin lebih sering kita lihat,” ucap psikolog Brian Kong melansir dari Popular Science.

Emosi yang sering dikaitkan dengan PSD seperti perasaan frustasi, kecewa, marah, sedih, dan hampa yang mendalam.

Salah satu alasan mengapa kita merasakan emosi tersebut karena kita merasa begitu tertarik pada film atau series hingga menjadikannya representasi ideal tentang cara kita menjalani hidup.

Psikolog Jaenette Raymond mengungkapkan salah satu alasan kita merasa sangat sedih ketika film berakhir adalah karena kita merasa sebagian dari diri kita ikut berakhir seperti film.

“Rasanya hampa dan kesal ketika sebuah serial atau sesuatu yang sangat anda sukai berakhir,” kata peneliti PSD, Rita Kottasz, melansir dari Popular Science.

Tentu ketika mengalami sindrom ini, kita tidak boleh terlalu larut dalam emosi karena bisa membahayakan psikologis. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan keluar dari emosi mendalam tersebut.

Terapkan tiga cara ini untuk mengatasi dan keluar dari kondisi tersebut, yaitu:

-          Cari sisi positif dari film tersebut yang bisa diaplikasikan dalam dunia nyata 

-          Lanjutkan hidup seperti biasa, perasaan sedih dan hampa akan terlewati

-          Hindari menonton genre yang sama dalam waktu dekat untuk memulihkan perasaan.

Editor
Komentar
Banner
Banner