Sejarah Hyundai Pony

Hyundai Pony, Mobil Pertama yang Diproduksi Massal dan Diekspor

Hyundai Pony memiliki sejarah panjang sebagai tonggak penting hadirnya perusahaan yang melandasi visi untuk terus menghadirkan produk dan solusi.

Featured-Image
Hyundai Pony sebagai kendaraan Korea Selatan pertama yang diproduksi secara massal dan diekspor ke luar negeri. Foto: dok. roadandtrack

bakabar.com, JAKARTA - Hyundai Pony memiliki sejarah panjang sebagai tonggak penting dalam hadirnya perusahaan yang melandasi visi mereka untuk terus menghadirkan produk dan solusi yang game-changing dan human-centered.

Berdasarkan siaran pers yang diterima bakabar.com, Jumat (28/7), Pony, yang diperkenalkan pada 1974 adalah kendaraan Korea Selatan pertama yang diproduksi secara massal dan diekspor ke luar negeri.

Pony memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat Korea Selatan karena ia mampu menjadi kendaraan pertama yang dikembangkan secara mandiri di negara tersebut.

Pada 1976, Pony mampu mencakup 44 persen pangsa pasar mobil penumpang domestik dan menjadi mobil pertama bagi banyak rumah tangga di Korea Selatan.

Baca Juga: Hyundai Hadirkan Stargazer Varian Essential, Fitur Tambah Banyak

Tumbuh pesat menjadi mobil paling populer di Korea Selatan pada waktu itu, kehadiran Pony mampu menghidupkan industri otomotif dalam negeri dan membawa pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

Secara khusus, Pony juga mampu meningkatkan kehidupan sehari-hari dari masyarakat Korea, mengingat mobil ini hadir pada saat jumlah kendaraan yang tersedia sangat sedikit, ia mampu membantu memperpanjang jarak tempuh harian bagi banyak orang.

Pada akhirnya, Pony dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memberikan lebih banyak kebebasan untuk bergerak dan memungkinkan akses yang lebih luas ke berbagai kegiatan seperti liburan, berbelanja, wisata kuliner, dan aktivitas di luar ruangan–membuatnya begitu berarti bagi masyarakat Korea Selatan.

Kini, jutaan orang masih mencintai dan merasa memiliki ikatan yang kuat dengan Pony, sehingga Hyundai terus membawa semangat untuk mengubah hidup manusia menjadi lebih baik dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru.

Baca Juga: Hyundai Hadirkan 2 Diler Baru di Jawa Barat dan NTT, Ini Fasilitasnya

Saat ini, Hyundai terus hadir sebagai game-changer dan pemimpin di industri melalui terobosan-terobosan seperti kendaraan listrik, hydrogen fuel technology, hingga konsep smart city masa depan.

Tidak hanya meneruskan spirit Pony melalui inovasi untuk masa kini dan masa depan, Hyundai juga memperluas jangkauan dan pengaruh Pony dengan mempersembahkan pameran ‘PONY, the timeless’ di Hyundai Motorstudio Seoul.

‘PONY, the timeless’ menekankan bagaimana kemanusiaan selalu menjadi dasar dari kesuksesan perusahaan, dan kenapa asas tersebut terus menjadi tulang punggung dari filosofi Hyundai, bahkan sampai saat ini.

Penerus Pony: dari Ioniq 5 hingga N Vision 74

Dengan desain yang orisinal dan tak lekang oleh waktu, Pony membantu membangkitkan aspirasi Hyundai akan prinsip desain inovatif di masa-masa awal perusahaan sekaligus memberikan pengaruh yang signifikan terhadap arah desain dari lini produk Hyundai.

Bisa dibilang, Hyundai telah mengarah ke masa depan sejak perusahaan merancang Pony, model kendaraan yang akan terus dikenang sebagai mobil penting dalam sejarah Korea Selatan.

Baca Juga: Connected Car Service dari Hyundai Capai 10 Juta Pengguna di Dunia

Kini, dengan mobil yang bergeser dari alat transportasi yang meningkatkan gaya hidup menjadi platform mobilitas yang ramah lingkungan, Hyundai mengembangkan bisnis mobilitas masa depannya dengan fokus pada keberlanjutan.

Pony, dan Pony Coupe Concept, menjadi inspirasi bagi para penerusnya di masa depan, seperti Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai N Vision 74.

Hyundai Ioniq 5 memberi penghormatan bagi Pony Coupe Concept dengan mengusung bodi bergaya monocoque dan desain yang aerodinamis.

Ioniq 5 mengambil inspirasi dari segi filosofi maupun visual dari Pony Coupe Concept untuk menciptakan desain kendaraan listrik terbaru yang lebih berani dan mampu menghubungkan benang merah desain Hyundai dari masa lalu ke masa kini dan masa depan.

Baca Juga: Samsung Siapkan Chip untuk Jalankan Sistem Hiburan pada Mobil Hyundai

Hyundai N Vision 74, yang saat debut pada 2022 mendapat pujian luar biasa, merupakan kendaraan ‘Rolling Lab’ yang mengusung teknologi hibrid hidrogen dari Hyundai N.

Desainnya terinspirasi dari Pony Coupe Concept 1974. Dibekali teknologi terdepan dari perusahan, ia pun menjadi bentuk ekspresi dari visi masa depan perusahaan akan mobilitas bersih.

Seiring konsistensi Hyundai dalam membawa semangat keberanian dan DNA dari Pony, seluruh model kendaraan Hyundai sejatinya adalah penerus dari Pony.

Hyundai pun akan terus memaksimalkan warisan yang dimiliki sebagai pembeda dari inovasi perusahaan di masa depan seraya memperkuat posisinya yang khas sebagai penyedia solusi mobilitas cerdas.

Editor
Komentar
Banner
Banner