Hubungan Yang Sehat

Hubungan yang Sehat Bisa Dinilai dari 7 Tanda Ini

Hubungan yang sehat bisa dinilai melalui tujuh tanda ini. Hubungan yang baik berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Featured-Image
7 tanda berada di hubungan sehat. Foto: comzeal/istock photo

bakabar.com, JAKARTAHubungan yang sehat bisa dinilai melalui tujuh tanda ini. Hubungan yang baik berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. 

Melansir Very Well Mind, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa hubungan sosial yang baik sangat penting untuk kesehatan yang optimal, baik mental maupun fisik.

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang dengan hubungan yang sehat cenderung melakukan perilaku yang sehat dan cenderung memiliki hasil kesehatan yang lebih baik. Mereka juga sering kali menikmati hidup yang lebih panjang.

Meskipun semua hubungan memiliki keunikannya masing-masing, ada beberapa karakteristik yang membedakan hubungan antarpribadi yang sehat dari hubungan yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa ciri yang menandakan anda berada di hubungan yang sehat, dikutip dari Very Well Mind:

Kepercayaan

Hubungan membutuhkan kepercayaan yang mendalam. Foto: skynesher/istock photo
Hubungan membutuhkan kepercayaan yang mendalam. Foto: skynesher/istock photo

Kepercayaan adalah salah satu unsur penting dalam hubungan yang sehat. Penelitian telah mengindikasikan bahwa kemampuan seseorang untuk mempercayai individu lainnya dipengaruhi oleh pola hubungan atau keterikatan mereka secara keseluruhan.

Baca Juga: Kunci Hubungan Sehat: Jaga Kesehatan Mental Diri Sendiri

Kepercayaan juga dibangun melalui cara individu-individu tersebut saling memperlakukan satu sama lain. Ketika seseorang melihat bahwa orang lain memperlakukan mereka dengan baik, konsisten, dan selalu ada ketika dibutuhkan, besar kemungkinan kepercayaan tersebut akan tumbuh.

Ketika kepercayaan ini berkembang, hubungan menjadi sumber kenyamanan dan rasa aman yang lebih besar.

Keterbukaan Diri
Ilustrasi pasangan yang saling terbuka. Foto: MTStock Studio/istock photo
Ilustrasi pasangan yang saling terbuka. Foto: MTStock Studio/istock photo

Ciri lain dari hubungan yang sehat adalah merasa mampu menjadi diri sendiri. Di awal suatu hubungan, Anda mungkin menahan diri dan lebih berhati-hati tentang apa yang ingin diungkapkan.

Seiring berjalannya waktu, seiring dengan meningkatnya keintiman suatu hubungan, pasangan mulai mengungkapkan lebih banyak pemikiran, opini, keyakinan, minat, dan kenangan mereka satu sama lain.

Bersikap terbuka satu sama lain membantu Anda merasa lebih terhubung sebagai pasangan sekaligus memupuk kepercayaan yang lebih besar. Pengungkapan diri dapat semakin meningkatkan kepercayaan dalam hubungan Anda.

Ini tidak berarti Anda harus berbagi segala hal dengan pasangan Anda. Setiap individu mempunyai privasi dan batasan ruang masing-masing. Yang paling penting adalah apakah masing-masing pasangan merasa nyaman berbagi harapan, ketakutan, dan perasaan mereka jika mereka mau.

Batasan yang Sehat
Relationship
Ilustrasi pasangan saling mendengarkan. Foto: whyframestudio/istock photo

Meskipun pasangan Anda mungkin memiliki keinginan yang berbeda dari Anda, penting untuk mencari solusi kompromi sambil tetap menjaga batasan yang telah Anda tetapkan.

Baca Juga: Selain Red Flag, Kenali Sinyal Green Flag dalam Hubungan

Batasan ini bukanlah tentang menjaga rahasia, melainkan mengakui bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda dalam hubungan. Batasan yang sehat adalah hal yang sangat individual dan berbeda untuk setiap pasangan. Mereka menentukan apa yang akan Anda terima dan tidak dalam hubungan Anda.

Contoh batasan yang sehat termasuk kesepakatan untuk tidak mengintip ponsel satu sama lain, memberikan waktu dan ruang bagi setiap individu untuk menjalani kehidupan sosial di luar hubungan, serta menghormati privasi pribadi masing-masing.

Saling Menghormati
Relationship
Ilustrasi saling menghargai. Foto: natakorn maneerat/istock photo

Dalam hubungan yang dekat dan sehat, orang-orang memiliki tingkat rasa hormat yang sama. Mereka tidak merendahkan atau meremehkan satu sama lain dan menawarkan dukungan dan rasa aman.

Ada sejumlah cara berbeda yang bisa dilakukan pasangan untuk menunjukkan rasa hormat satu sama lain. Ini termasuk:
-Mendengarkan satu sama lain
-Tidak menunda-nunda atau bungkam ketika pasangan meminta Anda melakukan sesuatu
-Bersikap pengertian dan memaafkan ketika seseorang melakukan kesalahan
-Saling membangun bukan saling menjatuhkan
-Tertarik pada hal-hal yang disukai pasangan Anda
-Membiarkan pasangan Anda memiliki individualitasnya sendiri
-Mendukung dan mendorong pencarian dan minat pasangan Anda
-Menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasih satu sama lain
-Memiliki empati terhadap satu sama lain

Cinta dan Kasih Sayang
Ilustrasi cinta dan kasih sayang. Foto: CandyRetriever/istock photo
Ilustrasi cinta dan kasih sayang. Foto: CandyRetriever/istock photo

Hubungan yang sehat ditandai dengan cinta dan kasih sayang. Suatu hubungan sering kali dimulai dengan cinta yang penuh gairah, emosi yang kuat, dan kebutuhan untuk menjaga kedekatan fisik.

Hal ini pada akhirnya berubah menjadi cinta kasih sayang, yang ditandai dengan perasaan kasih sayang, kepercayaan, keintiman, dan komitmen. Kunci hubungan yang sehat adalah ketika kedua pasangan merasa puas dengan tingkat kasih sayang yang mereka bagikan.

Komunikasi yang Baik
Ilustrasi komunikasi yang baik. Foto: hxyume/istock photo
Ilustrasi komunikasi yang baik. Foto: hxyume/istock photo


Hubungan yang sehat dan langgeng, baik persahabatan atau hubungan romantic, membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Mampu berkomunikasi bukan berarti tidak ada konflik. Artinya mampu menyelesaikan perbedaan pendapat secara efektif.

Memberi dan Menerima
Ilustrasi hubungan memberi dan menerima. Foto: Arisara_Tongdonnoi/istock photo
Ilustrasi hubungan memberi dan menerima. Foto: Arisara_Tongdonnoi/istock photo


Dalam hubungan yang kokoh, terdapat individu yang saling memberi dan menerima dengan secara alami. Ini bukanlah perasaan bahwa Anda memiliki hutang kepada pasangan Anda. Tindakan memberi dalam hubungan terjadi karena Anda sungguh-sungguh menginginkannya, tanpa ada paksaan.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa memberi dan menerima dalam suatu hubungan tidak selalu harus berimbang 100%. Terkadang, salah satu dari pasangan mungkin membutuhkan lebih banyak dukungan dan bantuan daripada yang lain.

Di lain pihak, dalam situasi tertentu, salah satu pasangan mungkin memilih untuk mengambil peran yang lebih besar dalam memberikan perhatian dan dukungan. Ketidakseimbangan semacam ini tidak menjadi masalah selama kedua individu dalam hubungan tersebut merasa nyaman dengan dinamika tersebut dan masing-masing mendapatkan dukungan yang mereka perlukan.

Secara singkat, ciri-ciri hubungan yang sehat antara lain jika ada kepercayaan, keterbukaan, batasan, rasa hormat, kasih sayang, komunikasi, dan saling memberi dan menerima.
Editor
Komentar
Banner
Banner