Perayaan Unik

Hari Pertemanan Sedunia: Memupuk Persatuan dan Kesepahaman Antar Manusia

Setiap tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Pertemanan Sedunia. Hal itu ditujukan untuk memupuk persatuan dan kesepahaman antar manusia.

Featured-Image
30 Juli memperingati hari pertemanan sedunia. Foto: gradyreese/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Setiap tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Pertemanan Sedunia. Hal itu ditujukan untuk memupuk persatuan dan kesepahaman antar manusia.

Hari Pertemanan Sedunia adalah suatu perayaan global yang didedikasikan untuk merayakan ikatan persahabatan dan mempromosikan pentingnya persahabatan dalam kehidupan.

Momen perayaan itu menjadi hari untuk mengakui dan menghargai hubungan yang kita miliki dengan teman-teman kita, serta untuk memperluas tangan persahabatan kepada orang lain.

Baca Juga: Hari Janda Sedunia: Upaya Berdaya dalam Kepungan Stigma

Ide Hari Pertemanan Sedunia pertama kali muncul di Paraguay pada tahun 1958 oleh Dr. Ramón Artemio Bracho. saat itu ia mengusulkan gagasan perayaan persahabatan dunia konferensi internasional para sahabat.

Dalam konferensi internasional para sahabat tersebut diputuskan Hari Pertemanan jatuh pada 30 Juli. Pada awalnya, perayaan itu hanya diselenggarakan secara eksklusif di negara Paraguay.

Dr. Ramon Artemio Brancho
Sosok Dr. Ramon Artemio Brancho, pengagas hari pertemanan sedunia. Foto: epa.com

Seiring berjalannya waktu, konsep merayakan Hari Pertemanan menyebar ke negara-negara lain, hingga semakin banyak masyarakat mulai mengadopsi perayaan tersebut. Seperti di Amerika Serikat, Hari Pertemanan dirayakan pada Minggu pertama bulan Agustus.

Baca Juga: Mengenal Fourth of July, Hari Paling Bersejarah Warga Amerika Serikat

Tujuan utama dari Hari Pertemanan Sedunia adalah untuk memupuk persatuan, pemahaman, dan empati di antara orang-orang, tanpa memandang latar belakang, budaya, atau kepercayaan mereka.

Perayaan itu menjadi kesempatan untuk berhubungan dengan teman-teman, memperkuat persahabatan yang sudah ada, dan menjalin persahabatan baru.

Orang-orang sering merayakan Hari Pertemanan Sedunia dengan saling bertukar hadiah, kartu, atau tanda-tanda kecil penghargaan dengan teman-teman mereka.

Baca Juga: Jadwal Padat? Olahraga Hanya di Akhir Pekan Tetap Bermanfaat Lho!

Melalui media sosial masyarakat banyak ikut serta untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan kasih sayang kepada teman-teman, dengan menggunakan tagar seperti #HariPertemananSedunia atau #FriendshipDay.

ilustrasi merayakan Hari Pertemanan Sedunia. Foto: franckreporter/istock photo
ilustrasi merayakan Hari Pertemanan Sedunia. Foto: franckreporter/istock photo

Namun perlu diingat, meskipun ada hari-hari tertentu yang ditetapkan untuk merayakan persahabatan, setiap hari adalah kesempatan untuk menghargai dan menghormati persahabatan yang kita miliki dalam hidup kita.

Teman sejati saling mendukung dan membangkitkan semangat satu sama lain, membuat setiap hari terasa seperti Hari Pertemanan.

Editor


Komentar
Banner
Banner