Info Kesehatan

Jadwal Padat? Olahraga Hanya di Akhir Pekan Tetap Bermanfaat Lho!

Jadwal Anda padat? Hanya bisa melakukan olahraga di akhir pekan? jangan khawatir, ternyata punya manfaat baik untuk kesehatan jantung. Simak penjelasannya.

Featured-Image
ilustrasi Olahraga di akhir pekan. Foto: Young777/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Jadwal Anda padat? Hanya bisa melakukan olahraga di akhir pekan? jangan khawatir, ternyata punya manfaat baik untuk kesehatan jantung. Simak penjelasannya.

Kebanyakan orang pasti sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga, khususnya dari hari Senin sampai Jumat karena sibuk dengan pekerjaan. Lalu, apakah olahraga hanya di akhir pekan memberi manfaat?

Melansir Hindustan times, dalam studi baru yang dilakukan Journal of the American Medical Association (JAMA) menunjukkan bahwa berolahraga selama 150 menit atau 2,5 jam selama akhir pekan tetap bermanfaat.

Baca Juga: Lawan Hepatitis: Ketahui, Cegah, dan Obati Hepatitis

Manfaatnya cukup besar, hingga bisa mengurangi 27% risiko serangan jantung dan gagal jantung, dibandingkan dengan 35% orang yang melakukan aktivitas fisik lebih banyak hari dalam seminggu.

Penting untuk diingat bahwa 150 menit olahraga sedang hingga berat setiap minggu sesuai dengan pedoman kesehatan. Kemudian hasil studi itu menunjukkan bahwa pola olahraga di akhir pekan dapat menjaga kesehatan jantung dengan efektif. Tapi, penting juga untuk menyesuaikan olahraga dengan kondisi fisik dan preferensi pribadi.

Beberapa orang mungkin lebih mudah menjalani program olahraga yang teratur setiap hari, sementara yang lain mungkin lebih cocok dengan intensitas lebih tinggi di akhir pekan.

Baca Juga: Sibuk? Wajib Lakukan Olahraga agar Hidup Tetap Sehat!

"Akhir pekan memberikan kesempatan sempurna untuk berfokus pada kesejahteraan pribadi dan mengambil langkah menuju gaya hidup yang lebih sehat," kata Rohit Shelatkar, Pakar Kebugaran & Nutrisi, VP Vitabiotics Ltd, dikutip dari Hindustan Times.

Perlu diingat bahwa setiap langkah kecil menuju gaya hidup aktif dan sehat adalah langkah yang baik untuk kesehatan. Jangan lupa untuk menemukan kegiatan fisik yang Anda nikmati, karena hal itu akan membuat Anda lebih termotivasi untuk tetap konsisten dalam rutinitas olahraga.

Editor


Komentar
Banner
Banner