Motis 2023

Hari Pertama Motis Digelar, Pemudik Antusias ke Stasiun Jakarta Gudang

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membuka program mudik gratis dengan kereta api.

Featured-Image
Kemenhub membuka lagi program angkutan motor gratis (motis) menggunakan kereta api, khusus untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023. Foto: gridoto.com

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis dengan kereta api. Pendaftaran program pengangkutan motor gratis (Motis) telah dimulai sejak 1 Maret sampai 3 Mei 2023.

Pendaftaran telah dibuka di Stasiun Jakarta Gudang, Ancol, Jakarta Utara, pada Rabu (1/3). Pantauan di lokasi, warga sangat antusias dengan program mudik gratis yang digagas oleh PT. KAI. Mereka datang membawa dokumen lengkap.

Salah satunya Warga Cengkareng, Kuat (45) datang ke pos untuk mendaftar mudik gratis tersebut. Kuat yang akan mudik bersama anaknya itu sangat senang dengan program mudik gratis dari pemerintah.

"Ya senang. Saya mudik bersama anak saya," ujar Kuat saat ditemui bakabar.com, Rabu (1/3).

Baca Juga: Jadwal dan Syarat Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023

Kuat memilih untuk keberangkatan tanggal 15 April dari Stasiun Jakarta Gudang, Ancol dengan tujuan ke Kutoharjo, Jawa Tengah.

"Ya saya bawa satu motor satu. Jadi memprosesnya hari ini," ucap Kuat.

Kordinator Pelaksana Motis Stasiun Jakarta Gudang Jhony Tulong membenarkan bahwa pendaftaran telah dimulai hari ini untuk keberangkatan tanggal 11 - 15 April 2023.

"Sementara untuk arus balik yang kita buka hari ini tanggal 29 April - 4 Mei 2023. Jadi kita baru buka untuk tanggal non favorit. Karena biasanya di tanggal favorit itu banyak peminatnya," ungkap Jhony.

Baca Juga: Gembar-gembor Kereta Api Kalsel Mencuat Lagi!

Jhony menyebut pemerintah telah menyediakan kuota untuk pemudik di tahun ini sebanyak 10.440 motor. Saat mendaftar, pemudik harus membawa sejumlah syarat, seperti KTP, KK, SIM masih berlaku, dan STNK masih berlaku.

"Dari pelaksana Motis 2023 kuota yang disiapkan adalah 10.440 motor. Untuk perhari ini kuota yang kami siapkan sebanyak 300," ujar Jhony.

Editor


Komentar
Banner
Banner