Hari Bhakti Adhyaksa 2023

Hari Bhakti Adhyaksa, Sejarah Pengabdian Kejaksaan RI

22 Juli 2023 diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, sebuah tonggak sejarah yang mengukir pengabdian Kejaksaan RI sampai saat ini.

Featured-Image
ILUSTRASI Kejaksaan. Foto: Kejaksaan.go.id

bakabar.com, JAKARTA – 22 Juli 2023 diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, sebuah tonggak sejarah yang mengukir pengabdian Kejaksaan RI.

Hari Bhakti Adhyaksa adalah HUT Kejaksaan Republik Indonesia. Hari ini diperingati sebagai hari berdirinya Kejaksaan yang memiliki akar sejarah yang lebih lama.

Dilansir dari laman Indonesia Baik oleh Kominfo, sistem ini diawali dari Pemerintahan Kerajaan Majapahit. Terdapat jabatan "Dhyaksa" yang bertanggung jawab menangani masalah peradilan. Istilah "Dhyaksa" inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan "Jaksa" hingga saat ini.

Peringatan Hari Kejaksaan Republik Indonesia, pada tanggal 22 Juli, berkaitan dengan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia yang menjadi lembaga penegak hukum mandiri setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945. 

Dengan dasar hukum dari Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945 dan Peraturan Pemerintah No. 2/1945, Kejaksaan Republik Indonesia menjadi departemen yang terpisah, dan penetapan tanggal 22 Juli sebagai Hari Kejaksaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri/JA No. Org/A-51/1 tanggal 2 Januari 1961. Jaksa Agung pertama saat itu adalah Gatot Taroenamihardja.

Baca Juga: Survei Indikator: Rakyat Minta Kejaksaan Tetap Berwenang Usut Korupsi

Sosok Gatot Taroenamihardja, Jaksa Pertama di Indonesia. Foto: Wikimedia Commons
Sosok Gatot Taroenamihardja, Jaksa Agung Pertama di Indonesia. Foto: Wikimedia Commons

Perubahan UU tentang kejaksaan pada masa Orde Baru (UU No. 5/1991) dan era Reformasi (UU No. 16/2004) menegaskan peran dan kewenangan Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan dan kewenangan lainnya.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa menjadi momen penting bagi Kejaksaan Republik Indonesia untuk menghargai pengabdian dan bakti yang diberikan oleh seluruh anggotanya (insan Adhyaksa) dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dalam mewujudkan keadilan dan penegakan hukum bagi masyarakat dan negara.

HUT Kejaksaan hari ini mengingatkan kembali tentang warisan sejarah Kejaksaan yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Perjalanan panjang dan peran penting Kejaksaan dalam sistem peradilan di Indonesia menjadi alasan mengapa tanggal ini dipilih untuk dirayakan sebagai Hari Bhakti Adhyaksa atau Hari Kejaksaan Republik Indonesia.

Sebagai lembaga penegak hukum, peringatan ini juga menjadi kesempatan bagi Kejaksaan untuk merefleksikan peran mereka dalam mencari keadilan bagi masyarakat dan negara, serta berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan profesionalisme dan integritas.

Selamat HUT ke-63 Kejaksaan RI!

Editor


Komentar
Banner
Banner