Kontroversi Putusan MK

Ganjar Harap Terpilihnya Suhartoyo Bisa Kembalikan Muruah MK

Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo melontarkan selamat terkait terpilihnya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru, Suhartoyo.

Featured-Image
Bacapres RI 2024 Ganjar Pranowo, usai menghadiri kuliah umum yang diselenggarakan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Rabu (11/10).Foto,apahabar.com/Hasbi

bakabar.com, JAKARTA – Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menanggapi terpilihnya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru, Suhartoyo.

Capres dari Partai PDIP itu berharap, Suhartoyo dapat menjalankan tugasnya sebagai Ketua MK dengan amanah. Sekaligus dapat mengembalikan muruah MK.

“Selamat bekerja, mudah-mudahan bisa membawa muruah MK kembali seperti semula,” ujar Ganjar saat ditemui di El Hotel Royale, Kelapa Ganding, Jakarta Utara, Kamis (9/11).

Mahkamah Konstitusi (MK) sepakat menunjuk Suhartoyo menjadi Ketua MK periode 2023-2028 menggantikan Anwar Usman. 

Baca Juga: Ganjar Tanggapi Santai Dukungan Bobby Nasution ke Prabowo-Gibran

Posisi ketua MK anyar muncul setelah rapat pleno tertutup melalui mekanisme pertama pemilihan pimpinan MK.

"Menyepakati Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr. Suhartoyo dan insya Allah Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini," kata Wakil Ketua MK Saldi Isra, Kamis (9/11).

Pergantian pucuk pimpinan MK ini buntut dari didepaknya Ketua MK sebelumnya, Anwar Usman dari kursi tertinggi Mahkamah Konstitusi.

Pasalnya, paman dari cawapres Gibran Rakabuming Raka tersebut terbukti melakukan pelanggaran etik berat terkait dengan beberapa putusan MK soal batas usia capres-cawapres.

Editor


Komentar
Banner
Banner