Piala Dunia 2022

Gagal di Qatar, FA Pertahankan Gareth Southgate Sebagai Pelatih Inggris

Federasi Sepak Bola Inggris secara resmi mempertahankan Gareth Southgate sebagai pelatih timnas Inggris usai gagal di Piala Dunia Qatar 2022

Featured-Image
Gareth Southgate kembali dipercaya pimpin Timnas Inggris di Piala Eropa 2024 (Foto: Reuters)

bakabar.com, JAKARTA – Federasi sepak bola Inggris (FA) mengumumkan akan tetap mempertahankan Gareth Southgate sebagai pelatih Timnas Inggris.

Meski Gareth Southgate gagal membawa Inggris tampil di level atas Piala Dunia 2022, dirinya tetap mendapat kepercayaan kembali menangani The Three Lions di Piala Eropa 2024 mendatang.

“Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Gareth Southgate akan melanjutkan sebagai manajer Inggris, dan akan memimpin kami dalam kampanye di Piala Eropa 2024,” tulis FA dalam pernyataan resmi dilansir dari Sky Sports.

“Gareth dan Steve Holland selalu mendapat dukungan penuh dari kami, dan perencanaan kami untuk Euro dimulai dari sekarang,” tambahnya.

Baca Juga: Final Piala Dunia 2022, Tekad Prancis Jegal Mimpi Lionel Messi

Untuk diketahui, kualifikasi Piala Eropa 2024 akan dimulai pada Maret 2023 mendatang. The Three Lions tergabung dalam Grup C bersama dengan Italia, Malta, Ukraina, dan Makedonia Utara.

Pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022, Gareth Southgate dihadapkan dengan ekspektasi tinggi The Three Lions di turnamen bergengsi empat tahunan itu.

Berada di Grup B bersama dengan Amerika Serikat, Iran, dan Wales, Harry Kane cs berhasil meraih satu tempat di babak 16 besar dengan status juara grup.

Southgate kemudian sukses membawa The Three Lions melaju ke babak perempat final dan berhasil mengalahkan Senegal dengan skor 3-0.

Namun sayang, perjalanan pasukan Gareth Southgate di Piala Dunia Qatar 2022 harus tersingkar di babak perempat final usai takluk 1-2 dari Prancis.

Baca Juga: Jelang Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022, Julian Alvarez Dapat Pujian dari Gurunya

Setelah tersingkir dari Prancis di Piala Dunia Qatar, Southgate sempat membuka peluang untuk mundur dari kursi manajer Inggris.

“Saya ingin membuat keputusan yang tepat. Setelah turnamen, saya duduk dengan semua orang di FA dan membicarakan semuanya secara logis,” kata Southgate dikutip dari Daily Mirror.

"Ketika saya melewati beberapa turnamen terakhir, emosi membuat saya sulit untuk berpikir dengan baik dalam beberapa pekan berikutnya," ujarnya

Southgate tak menampik dirinya mengalami stress usai Inggris tersingikir di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Menang 2-1 atas Maroko, Kroasia Raih Juara Ketiga Piala Dunia 2022

Terlebih, ekspektasi tinggi dari publik Inggris yang menginginkan dirinya bisa kembali mewujudkan kampanye “Football is coming home” ke tanah The Three Lions kembali gagal.

Pelatih yang kini berusia 52 tahun itu pertama kali menahkodai Timnas Inggris pada 2016 silam menggantikan Sam Allardyce.

Pada turnamen pertamanya memimpin pasukan Inggris, Southgate berhasil mengantarkan The Three Lions mencapai babak semifinal di Piala Dunia 2018 lalu.

Keberhasilannya itu sekaligus menjadikannya sebagai pelatih ketiga setelah Alf Ramsey dan Bobby Robson yang mampu membawa Timnas Inggris ke babak semi-final di turnamen pertamanya.

Kini, Gareth Southgate akan kembali berkerja keras bersama dengan Timnas Inggris untuk menatap turnamen Piala Eropa 2024 mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner