Berita Seputar Film

Film Wonka Habiskan Anggaran Produksi Rp3,3 Triliun, Banyak Ditonton?

Film Wonka dikabarkan menghabiskan anggaran produksi sebesar 125 juta dolar Amerika atau sekitar Rp3,3 triliun. Gimana hasil box office-nya?

Featured-Image
Film Wonka Menghabiskan Anggaran Produksi Rp 3,3 Triliun. Foto: Warner Bros.

bakabar.com, JAKARTA - Film Wonka dikabarkan menghabiskan anggaran produksi sebesar 125 juta dolar Amerika atau sekitar Rp3,3 triliun. Gimana hasil box office-nya?

Salah satu film box office, Wonka, garapan Warner Bros sudah tayang lebih dari tiga minggu lalu di layar bioskop di Indonesia.

Melansir Collider, Sabtu (6/1), total biaya produksi tersebut mencakup biaya para pemain, pembuatan set yang menakjubkan bahkan sampai kostum yang unik dan indah.

Dalam menggaet Timtothe Chalamet menjadi pemeran utama yang ikonik seperti Gene Wilder.

Baca Juga: Film Horor Terbaru James Wan, Night Swim Tayang Hari Ini

Dari segi pendalaman peran dan kemampuan akting, Chalamet dirasa mampu bersanding seperti Wilder yang memerankan sosok Wonka yang unik.

Dalam sebuah laporan tahun 2022, biaya bayaran yang harus dikeluarkan untuk menggaet Chalamet seesar $ 9 juta untuk berperan dalam film tersebut.

Meski begitu, untuk biaya para pemain lain tidak diketahui mengenai laporan anggarannya.

Lokasi Syuting dan Penggunaan Visual Efek Mewah

Film Wonka. Foto: Warner Bros.
Film Wonka. Foto: Warner Bros.

Syuting film ini berlangsung di Inggris sepanjang tahun 2021 dan 2022. Banyak lokasi yang dikunjungi untuk memperkuat latar film tersebut, seperti Bath, Oxford, Watford, dan Veralmium Park.

Tim produksi di AS sering melakukan perjalanan ke Inggris untuk pengambilan gambar tersebut.

Baca Juga: Kolaborasi Converse x Wonka, Rilis Sepatu Unik yang Terinspirasi dari Film Tersebut

Latar yang megah untuk hadirkan suasana pabrik coklat di tahun 1971, film ini turut didukung dengan penggunaan efek visual guna mempercantik pemandangan dan kesamaan dengan tahun tersebut.

Tak hanya itu, peran Hugh Laurie sebagai Oompa Loompa diketahui membutuhkan grafis yang dikerjakan oleh komputer.

Tak hanya variasi dalam visual efek (VFX), beberapa set juga didukung dengan CGI yang memadai.

Dengan daftar kredit lebih dari 400 individu pekerja di departemen tersebut, dapat diasumsikan sebagian besar penampilan tersebut berkat CGI yang sempurna.

Wonka turut menghadirkan para insan visual efek yang telah berkecimpung di industri ini seperti penggarapan film Inception, Guardians of the Galaxy Volume 3, dan Black Panther.

Biaya Promosi dan Capaian Box Office Wonka

Film Wonka 2023, dibintangi Timothee Chalamet sukses masuk Box Office pada penayangan perdana - apahabar
Film Wonka 2023, dibintangi Timothee Chalamet sukses masuk Box Office pada penayangan perdana. Foto: IMDb

Pemogokan SAG-AFRA membuat film ini sedikit mengalami kesulitan saat promosi, meski membawa nama Chalamet dan beberapa aktor lain, faktanya hal tersebut masih sulit meningkatkan minat penonton terhadap film ini.

Melihat hal tersebut, tim pun membuncitkan anggarannya untuk iklan di seluruh dunia untuk promosi film tersebut. Dapat disimpulkan pembuatan promosi film tersebut memakan $120 juta.

Baca Juga: George R.R. Martin Siap Bikin 3 Film Animasi Serial Game of Thrones

Hal tersebut membuat Wonka perlu setidaknya menghasilkan $240 juta di box office untuk memberikan keuntungan bagi Warner Bros.

Setelah lebih dari tiga minggu di layar kaca. Film garapan sutradara Paul King berhasil mengantongi total pendapatan di seluruh dunia mencapai $394 juta atau sekitar Rp6,1 triliun.

Wonka telah memperoleh CinemaScore tertinggi dengan nilai A- dari tiga film seperti The Ballad of Songbirds and Snakes, dan The Marvels yang sedikit suram tahun ini.

Untungnya, Wonka sudah berhasil melampaui boc office, serta berikan Warner Bros. keuntungan untuk menutupi total pengeluaran tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner