Piala Dunia 2022

Fernando Santos Mundur dari Portugal, Mourinho Merapat?

Fernando Santos resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih timnas Portugal usai gagal di Piala Dunia 2022, nama Jose Mourinho pun mencuat menggantikan dirinya

Featured-Image
Fernando Santos mundur dari kursi pelatih Timnas Portugal (Foto: Reuters)

bakabar.com, JAKARTA – Setelah Fernando Santos resmi mundur dari kursi kepelatihan timnas Portugal. Jose Mourinho digadang-gadang bakal menggantikan posisi tersebut.

Sebelumnya, dalam rilis video yang dimuat di laman resmi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Santos mengumunkan dirinya mundur dari pelatih Selecao usai gagal di Piala Dunia 2022.

Pelatih yang pernah mengantarkan Cristiano Ronaldo cs meraih gelar juara Euro tahun 2016 silam mengatakan, menjadi pelatih Portugal adalah sebuah mimpi yang dijalaninnya dan menjadi kenyataan.

“Saat Anda memimpin kelompok, Anda harus membuat beberapa keputusan sulit,” ujar Santos, dikutip dari laman resmi FPF, Jumat (16/12).

Baca Juga: Jelang Final Piala Dunia 2022, Hugo Lloris Menuju Sejarah

Mundurnya pelatih berusia 68 tahun itu tak lepas dari gagalnya Santos mengantarkan timnas Portugal ke tempat yang lebih tinggi di Piala Dunia Qatar 2022.

Selecao harus tersingkir dari Qatar setelah kalah dengan tim nasional Maroko di partai perempat final dengan skor tipis 0-1.

Sebelum mundur dari kursi pelatih Selecao, Santos sempat mendapatkan kritik saat laga Portugal vs Maroko yang tidak menurunkan Cristiano Ronaldo sejak awal pertandingan.

Menanggapi hal tersebut, ia mengatakan bahwa tidak semua orang bisa senang dengan keputusan yang ia buat selama melatih Portugal.

Baca Juga: Prancis ke Final, Didier Deschamps Berpeluang Ukir Sejarah!

“Itu normal bahwa tidak semua orang senang dengan pilihan yang saya buat, tetapi keputusan yang saya ambil selalu memikirkan apa yang terbaik untuk tim kami,” jelasnya.

Usai dirinya mundur dari Selecao, Federasi Sepak Bola Portugal mengucapkan terima kasih atas prestasinya yang ia torehkan.

“Selain gelar yang diraih, Fernando Santo menjadi pelatih dengan pertandingan dan kemenangan terbanyak. Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti dia sebagai pelatih tim nasional,” tulis FPF.

Untuk diketahui, Fernandos Santos memulai perjalanannya bersama timnas Portugal pada 2014 lalu. Selama memimpin Selecao, dirinya sudah melakoni 109 pertandingan.

Lebih lanjut, di tangan Santos, Selecao juga pernah berhasil memenangkan Piala Eropa (Euro) 2016 dan trofi perdana UEFA Nantions League di tahun 2018/2019.

Setelah kabar mundurnya Fernando Santos dari kursi kepelatihan tim nasional Porutgal. Berbagai media Portugal melaporkan Jose Mourinho dipertimbangkan untuk menggantikan Santos.

Selain The Special One (julukan Mourinho), FPF juga melirik pelatih timnas U-21 Portugal Rui Jorge dan pelatih Lille Paulo Fonseca yang dipertimbangkan sebagai pengganti potensial dari Fernando Santos.

Editor


Komentar
Banner
Banner