Kisruh Brigjen Endar

Eks Penyidik KPK: Firli Bahuri Temui Kapolri karena Ketakutan!

Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap menilai kunjungan Firli Bahuri ke Rumah Dinas Kapolri Listyo Sigit Prabowo merupakan rasa takut atas ulah dirinya

Featured-Image
Ketua KPK, Firli Bahuri saat membacakan hasil pemeriksaan tersangka korupsi AKBP Bambang Kayun. Foto: apahabar.com/Ariyan Rastya

bakabar.com, JAKARTA - Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap menilai kunjungan Firli Bahuri ke Rumah Dinas Kapolri Listyo Sigit Prabowo merupakan rasa takut atas ulah dirinya sendiri.

“Firli Bahuri ke Kapolri di Rumah Dinas Kapolri merupakan bukti bahwa Firli sedang ketakutan akibat ulahnya sendiri,” kata Yudi, Jakarta, Rabu (19/4).

Baca Juga: Brigjen Endar Tiba di Ombudsman, Laporkan Maladministrasi Firli Bahuri

Menurut Yudi, tindakan Ketua KPK Firli Bahuri dengan mencopot Brigjen Pol Endar dari Direktur Penyelidikan merupaka tindakan semena mena.

Selain pencopotan Endar, lanjut Yudi, kegaduhan yang dilakukan Firli yakni mengemukannya kebocoran dokumen penyelidikan terkait Kementerian ESDM.

“Tentu membuat Firli berpikir bahwa dia sedang berada di ujung tanduk. Apalagi sudah banyak laporan masyarakat ataupun gerakan mahasiswa, termasuk Endar Priantoro kepada Dewas, Polri, dan terakhir ombudsman baik terhadap dirinya, pimpinan KPK lainnya, sekjen KPK, ataupun Kepala Biro SDM KPK,” jelasnya.

Baca Juga: Klaim Sempat Diretas, Ponsel Firli Bahuri Kini Kembali Normal

Yudi mengaku sudah kenal Firli sejak menjadi Deputi Penindakan hingga Ketua KPK, ia menduga jika langkah yang dilakukan Firli Bahuri yang berinisatif sowan ke Kapolri adalah tindakan membela dirinya karena telah membuat kegaduhan, karena sebelumnya Firli seakan menantang Kapolri dengan menolak surat perpanjangan Brigjen Endar.

“Firli mengetahui bahwa proses terhadap dirinya baik di Kepolisian maupun di Dewas sedang berlangsung. Itulah sebabnya dia berusaha melakukan segala cara membela diri termasuk sowan ke Kapolri,” imbuh dia.

Terakhir, mantan Ketua Wadah Pegawai KPK ini menjelaskan bahwa tindaklanjut terkait penyalahgunaan wewenang dalam pencopotan Brigjen Endar dan dugaan kebocoran dokumen terkait kementerian ESDM tentu akan terus berlanjut sebab Yudi yakin dugaan pelanggaran telah ditopang bukti yang kuat.

Baca Juga: Respons Kapolda Metro Jaya Soal Pencopotan Brigjen Endar di KPK

Sebelumnya, Firli Bahuri membagikan momen foto salam komando dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada Minggu (16/4). Potret itu diambil Firli Bahuri saat sowan ke Rumah Dinas Kapolri.

Firli tak mengungkapkan apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Namun dalam rilis yang sama dengan foto pertemuan keduanya, yang dibagikan Plt juru bicara KPK Ali Fikri, Firli bicara soal hubungan KPK-Polri.

Kata Firli, hubungan KPK dan Polri selalu bersinergi dalam pemberantasan korupsi.

"KPK dan Polri memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan tujuan negara. KPK dan Polri bahu membahu bersinergi memberantas korupsi," kata Firli Bahuri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/4).

Editor


Komentar
Banner
Banner