Habar Ramadan

E-Commerce Untung Besar, Penjualan Pakaian Jelang Lebaran Naik 7 Kali Lipat

Menjelang akhir bulan puasa Ramadan, penjualan pakaian di e-commerce atau pasar online tercatat naik hingga tujuh kali lipat.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Menjelang akhir bulan puasa Ramadan, penjualan pakaian di e-commerce atau pasar online tercatat naik hingga tujuh kali lipat.

Hal ini juga didukung dengan adanya peningkatan uang yang beredar di masyarakat karena tunjangan hari raya (THR).

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan pakaian (fashion) menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia pada Ramadan 2023. Penjualan busana muslim keluarga bahkan disebut naik hingga 7 kali lipat pada dua minggu pertama Ramadan bila dibandingkan di minggu biasanya.

“Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” ujar Nuraini seperti dilansir dari idxchannel.com, Kamis (13/4).

Selain busana muslim keluarga, scarf wanita dan baju koko pria menjadi produk terlaris di kategori pakaian (fashion). Selain itu, terdapat kategori lainnya yang mengalami peningkatan penjualan selama Ramadan, yakni Rumah Tangga, Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, dan Otomotif.

“Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” sambung Nuraini.

Sementara pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadan.

Terakhir, pada kategori produk Perawatan iri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.

Editor


Komentar
Banner
Banner