pilpres 2024

Deklarasi Sebelum Ramadhan, NasDem-Demokrat Masih Tunggu Sikap PKS

Wasekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim menyebut NasDem dan Demokrat bakal menunggu keputusan resmi PKS mengusung Anies Baswedan sebagai calon Presiden

Featured-Image
Anies Baswedan bersama perwakilan tim kecil dari tiga partai menggelar pertemuan di rumah pribadinya, Jumat (27/1).

bakabar.com, JAKARTA - Wasekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim menyebut NasDem dan Demokrat bakal menunggu keputusan resmi PKS mengusung Anies Baswedan sebagai calon Presiden yang bakal berlaga di Pilpres 2024.

Sebab, ketiga partai yang disebut akan membentuk koalisi perubahan berencana menggelar deklarasi sebelum bulan Ramadhan 2023.

“Kita berharap sebelum memasuki bulan Ramadhan ini sudah kelar semua. Kita berharap begitu. Itu harapan kami dan kami optimistis untuk itu,” kata Taslim di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Minggu (29/1). 

Baca Juga: Bebaskan Anies Pilih Cawapres, NasDem Enggan Jilat Ludah Sendiri

Untuk itu, NasDem mengapresiasi sikap resmi Partai Demokrat yang beberapa waktu lalu mengalirkan dukungannya untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon Presiden. Termasuk menyerahkan nominasi cawapres kepada Anies ditinjau dari kriteria yang telah disepakati ketiga partai.

“Tim kecil mereka setiap minggu memang bertemu, tapi kemarin ada kemajuan signifikan. Demokrat secara tertulis dan menyatakan seperti pandangan NasDem, cawapres itu sebaiknya ditentukan Anies karena beliau yang tahu yang compatible dengan beliau apa dan seterusnya,” jelasnya. 

Namun, NasDem juga berharap PKS dapat segera mengikuti langkah Partai Demokrat yang memberi dukungan secara resmi. Setidaknya, dukungan resmi PKS bakal dinantikan NasDem dan Demokrat yang berencana akan menggelar deklarasi sebelum bulan Ramadhan. 

Baca Juga: Tergabung Tim Kecil, Anies Masih Tunggu Dukungan Resmi PKS

“Koalisi ini kan mempertemukan hati, mempertemukan hati itu kan bertahap dan perlu kesabaran. Jadi ya kita mesti sabar satu-satu kita urai," ungkap dia. 

Diketahui, perwakilan tim Anies Baswedan, Sudirman Said masih menantikan dukungan resmi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk memberi restu kepada Anies terjun gelanggang di Pilpres 2024. Meski tergabung dalam tim kecil, PKS hingga kini masih menggantung sikapnya terkait pencapresan Anies.

"Insya Allah kita doakan mudah-mudahan teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu kita tunggu proses internal yang sedang berlangsung dan dalam proses finalisasi mudah-mudahan," kata Sudirman di rumah pribadi Anies, Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (27/1). 

Mantan Menteri ESDM menerangkan pihaknya telah mengantongi dukungan resmi dari Partai NasDem dan Demokrat. Namun, PKS masih menggantungkan sikapnya sehingga Koalisi Perubahan belum dideklarasikan dan tiket presidential threshold 20 persen belum terpenuhi.

Baca Juga: Demokrat Melunak Usung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

"Tentu yang paling baru adalah kita tahu kemarin Pak Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan itu kita syukuri," ungkap dia.

"Suatu progres karena dengan begitu maka kita sudah mencapai mendekati 20 persen tinggal satu lagi (dukungan resmi PKS)," sambung dia.

Editor
Komentar
Banner
Banner