Politik

Demokrat Melunak Usung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak melunak karena menyerahkan keputusan pengisian calon wakil Presiden (cawapres) kepada Anies

Featured-Image
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) . (Foto:apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak melunak karena menyerahkan keputusan pengisian calon wakil Presiden (cawapres) kepada Anies Rasyid Baswedan. Sebab, Demokrat semula terlalu ngotot mendorong AHY sebagai cawapres Anies.

"Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” kata AHY di Jakarta, Kamis (26/1). 

Untuk itu, AHY berharap Anies dapat mempertimbangkan dengan matang nominasi figur yang bakal menjadi pendampingnya melaju ke perhelatan politik di Pemilu 2024 mendatang. 

Meski setiap partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan memiliki kedudukan yang sama dalam mengusulkan nama cawapres.

“Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” ujarnya.

Putra SBY ini juga menyebut diskursus tentang pendamping Anies harus segera difinalisasi agar tak menghambat laju koalisi. Terlebih, Demokrat juga mendorong ketiga partai membuka ruang yang luas bagi Anies untuk menimbang-nimbang kecocokan dan elektoral.

“Sehingga pasangan ini akan harmonis dan saling melengkapi ketika kelak mendapatkan amanah untuk menjalankan roda pemerintahan. Bukan ‘kawin paksa’,” ungkap dia.

Lebih lanjut, AHY juga telah mengamini kriteria nominasi cawapres yang ditetapkan Anies, sehingga nama-nama yang hendak diusulkan dapat dipertimbangkan Anies untuk mendampinginyadi Pemilu 2024.

“Terkait kriteria Bacawapres, secara prinsip tidak ada masalah bagi kami. Itu haknya Bacapres,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner