Cek Fakta

[CEK FAKTA] Jusuf Kalla Jadi Tersangka Korupsi BTS

Skandal korupsi proyek base transceiver station (BTS) dikabarkan juga mencatut mantan wakil presiden, Jusuf Kalla

Featured-Image
Video yang menarasikan Jusuf Kalla menjadi tersangka kasus korupsi BTS. Foto: Facebook/Amalia

bakabar.com, JAKARTA - Skandal korupsi proyek base transceiver station (BTS) tak hanya menyeret nama Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. Belakangan, kasus ini dikabarkan juga mencatut mantan wakil presiden, Jusuf Kalla.

Hal itu sebagaimana disiarkan akun Amalia di Facebook. Pada Selasa (23/5) kemarin, akun tersebut membagikan video berdurasi 11 menit 41 detik dengan keterangan “JUSUF KALLA TERBUKTI SEKONGKOL DGN JHONNY G PLATE –.”

Baca Juga: [CEK FAKTA] Pemerintahan Jokowi Bayar Utang Rp 1.000 Triliun

Video tersebut dilengkapi thumbnail bergambar Jusuf Kalla yang tengah dikawal sejumlah aparat. Terdapat pula tulisan yang berbunyi “JUSUF KALLA TERSANGKA ALIRAN DANA KORUPSI 35 TRILIUN TEMUI TITIK TERANG.”

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 2.000 kali. Lantas, benarkah Jusuf Kalla juga ikut tersandung kasus korupsi BTS?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, thumbnail dari video tersebut merupakan hasil editan. Sosok yang dikawal oleh sejumlah aparat itu sebenarnya bukanlah Jusuf Kalla, melainkan Rizieq Shihab.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Putri Sulung Ferdy Sambo Dipenjara

Gambar tersebut diambil pada Desember 2020, ketika pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu tersandung kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Pada foto aslinya, Rizieq tengah dikawal menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya.

Bukan hanya thumbnail yang tidak relevan dengan judul, isi video pun demikian. Selama 11 menit, narator nihil membahas informasi soal Jusuf Kalla yang ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Babi Ngepet Jilid II di Kota Depok

Narator menampilkan cuplikan video Jusuf Kalla yang tengah berpidato di acara Milad PKS pada Sabtu (20/5) lalu. Pada kesempatan itu, dia membahas soal utang Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi yang kian membengkak.

Senada dengan itu, narator pun hanya membacakan artikel Tempo.co berjudul “Jusuf Kalla Sentil Jokowi: Setahun Bayar Utang dan Bunga Sampai Seribu Triliun, Terbesar Sejak Merdeka.” Berita ini memuat pernyataan sang mantan wakil presiden soal utang negara.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Efek Samping Vaksin Covid-19 Sebabkan Aneurisma Otak

Kalla menjelaskan tingginya utang Indonesia saat ini merupakan gabungan dari pemerintahan terdahulu. Namun, dia juga mengeklaim utang pemerintah pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi adalah yang terbesar.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan Jusuf Kalla ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS adalah hoaks. Video yang beredar sama sekali tidak membahas soal keterlibatan mantan wakil presiden dalam skandal tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner