Cek Fakta

[CEK FAKTA] Putri Sulung Ferdy Sambo Dipenjara

Ferdy Sambo mendekam di penjara sebelum dieksekusi mati. Putri sulungnya, Trisha Eungelica, disebut-sebut juga mendapat hukuman serupa

Featured-Image
Video yang mengatakan putri sulung Ferdy Sambo dipenjara (Foto: YouTube/Benang Merah)

bakabar.com, JAKARTA - Kasus pembunuhan Brigadir J menjadikan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo berstatus pecatan dan mesti mendekam di penjara sebelum dieksekusi mati. Belakangan, putri sulungnya, Trisha Eungelica, disebut-sebut juga mendapat hukuman serupa.

Kabar yang demikian mencuat dari sebuah unggahan milik Benang Merah di YouTube. Pada Selasa (9/5) lalu, akun tersebut mempublikasikan video bertajuk “PUTRI SULUNG SAMBO RESMI DIPENJARA GEGARA INI.”

Video dilengkapi dengan thumbnail yang memperlihatkan seorang wanita berbaju tahanan sedang melakukan konferensi pers. Terdapat pula tulisan yang berbunyi, “Diperiksa selama 3 jam. Putri sulung beri pengakuan mengejutkan.”

Hingga tulisan ini dibuat, video berdurasi 8 menit 5 detik itu sudah ditonton lebih dari 5.000 kali. Lantas, benarkah Trisha resmi dipenjara?

Penelusuran Fakta

Ayah dan Ibu Dipenjara, Trisha Anak Ferdy Sambo Curhat Gantikan Peran Orang Tua
Trisha Sambo.  

Berdasar penelusuran bakabar.com, foto wanita pada thumbnail video itu bukanlah Trisha Eungelica. Perempuan berkacamata tersebut merupakan Dessy Rohmawati, narapidana penipuan lowongan kerja fiktif.

Gambar itu diambil ketika dirinya melakukan konferensi pers di Polres Mojokerto pada 2022 lalu. Adapun narasi yang dibacakan selama 8 menit 5 detik sama sekali tak relevan dengan judul video.

Baca Juga: Dua Anak Buah Sambo Bakal Hadapi Sidang Banding Hari Ini

Di awal video, kreator menggabungkan beberapa cuplikan wawancara pengamat tentang kasus pembunuhan Brigadir J. Setelah itu, narator membacakan berita intipseleb.com berjudul “Orang Tua jadi Tersangka, Putri Ferdy Sambo Buat Pengakuan Mengejutkan: Jadi Pengen Nusuk Leher.”

Artikel tersebut membahas curahan hati Trisha saat kedua orang tuanya ditetapkan sebagai tersangka. Ketika itu, putri sulung Ferdy Sambo ini mengaku ingin menusuk lehernya sendiri. Dia pun sempat membagikan isi percakapannya dengan sang ayah.

Hingga saat ini, tak ada tuntutan penjara baik bagi Trisha maupun anak Ferdy Sambo lainnya. Sang putri sulung pun terpantau masih aktif di media sosialnya. Per hari ini saja, Rabu (24/5), dia membagikan momen di Instagram Story.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan putri sulung Ferdy Sambo, Trisha Eungelica, dipenjara adalah hoaks. Nihil tuntutan bui bagi anak-anak mantan Kadiv Propam itu. Trisha pun masih terlihat aktif di media sosialnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner