Penjual Komik

Cari Komik Bekas dengan Kualitas Bagus, Mampir Saja ke Blok M Square

Komik bekas dengan harga ekonomis dan kualitas yang masih terjaga dapat ditemukan di Blok M Square.

Featured-Image
Salah satu pemilik Toko TB Grace yaitu Ibu Grace yang berjualan berbagai jenis komik bekas di Blok M Square Jakarta Selatan. (Foto: apahabar.com/Thomas)

bakabar.com, JAKARTA – Buku komik selama ini sering dianggap sebagai buku bacaan hiburan bagi kalangan anak-anak karena berisi gambar anime. Namun, sesungguhnya buku komik juga masih banyak diminati oleh kalangan dewasa.

Bagi para penggemarnya, membaca komik memiliki kesenangan tersendiri yang tidak bisa digantikan dengan hiburan lainnya. Sehingga keberadaan buku komik masih selalu dicari oleh para penggemarnya.

Pemilik toko buku TB Grace, Marbun mengungkapkan sekalipun beberapa komik sudah ada yang dijadikan film, namun masih banyak orang yang tetap mencari dalam bentuk fisiknya.

Baca Juga: Perjuangan Penjual Komik, Bertahan di Tengah Sepinya Pengunjung Blok M

Dia mencontohkan komik One Piece yang walaupun pembelinya sudah mengetahui alur cerita dari film, tapi tetap masih juga penasaran dengan versi buku komiknya.

“Justru sekarang One Piece lagi kosong karena banyak permintaan tapi barang tidak ada. Bingung juga kita, kok tiba-tiba nyari One Piece semua,” ujarnya kepada apahabar di Blok M Square, Jakarta Selatan, Rabu (12/10).

Walaupun komik yang berada di toko ini merupakan barang bekas, kualitasnya masih terlihat sangat bagus dan layak untuk dibaca.

Pemilik lain TB Grace yakni Grace berujar sebagian besar dari buku bekas ini dia dapatkan dari pembaca komik yang memang sudah bosan dan ingin menjual komik tersebut. Sehingga kualitas komik secara fisik masih sangat terjaga.

Sudut lokasi Toko Buku TB Grace.
Sudut lokasi Toko Buku TB Grace. (bakabar.com/Thomas)

Selain itu, untuk harga komik yang dijual di toko ini juga sangat bervariasi mulai dari Rp5.000 sampai yang termahal Rp80.000.

Mahal atau tidaknya harga sebuah komik juga tidak bisa selalu dipastikan. Sebab, hal itu ditentukan atas permintaan pasar dan yang paling penting judul komik juga menentukan lonjakan harga komik.

“Misalnya untuk One Piece harga paling murah untuk satuan sekitar Rp10.000 dan yang termahal Rp25.000,” ungkap Grace.

Tidak jarang penjualan juga bisa dilakukan secara paketan. Artinya komik tersebut sudah dikumpulkan serinya secara lengkap mulai dari edisi awal sampai selesai.

Baca Juga: Dianggap Jadul, Piringan Hitam dan Kaset Mulai Diminati

Menurutnya di setiap komik pasti terdapat salah satu edisi yang terbilang sulit untuk ditemukan. Karena itu, jika edisi tersebut sudah dijadikan satu paket, maka pembeli yang hanya membutuhkan salah satu edisi tersebut harus membeli secara utuh. Selain itu, juga dapat dilepas secara ecer dengan harga yang lebih tinggi.

Walau begitu, kata Grace, dia dapat memastikan bahwa komik yang berada di tokonya merupakan versi original, namun dia tetap tidak memungkiri banyak dari komik yang sudah memiliki nama sudah banyak versi bajakannya.

“Untuk Naruto karena ini volume yang terakhir jadi di copy orang, karena barangnya susah dan kalau adapun harganya cukup mahal bisa sekitar Rp50.000,” paparnya.

Sebagai informasi TB Grace selalu buka setiap hari Senin sampai Sabtu, dari pukul 12.00-20.00 WIB. Adapun letak TB Grace berada di Blok M Square lantai basement Blok C No. 088.

Sejumlah koleksi komik yang dijual Toko Komik Dafiyah Anto
Sejumlah koleksi komik yang dijual Toko Komik Dafiyah Anto

Masih di kawasan yang sama, pemilik Toko Komik Dafiyah Anto menjelaskan kalau di tokonya hanya menjual komik original. Dengan kata lain tidak menjual komik bajakan.

Menurutnya untuk bisa membedakan antara komik asli dengan yang bajakan dapat dilihat dari jenis kertasnya, kalau kertasnya putih seperti HVS itu palsu sedangkan yang aslinya kertasnya agak lebih kuning.

Saat ini komik yang dijual di toko sangat beragam, mulai dari keluaran lama sampai dengan yang terbaru. Anto memberikan contoh untuk komik Kungfu Boy yang memiliki versi lamanya hanya sampai volume 37. Adapun untuk cetakan barunya yang diterbitkan oleh Gramedia hanya sampai volume 18.

“Ceritanya sebetulnya sama saja dengan yang lama. Hanya diperbarui saja,” jelasnya.

Hal itu memungkinkan untuk pembeli bisa memiliki pilihan untuk bisa membaca versi lama dengan yang baru. Bila ada konsumen yang memiliki permintaan untuk dicarikan komik tertentu, maka dia juga bersedia untuk mencarikan.

Menurutnya walaupun komik yang dijual adalah bekas namun dengan kualitas yang masih bagus membuat pembeli lebih memilih belanja di Blok M Square. Hal itu karena jika dibandingkan dengan yang dijual di toko-toko buku besar lainnya, perbandingan harga yang ditawarkan terbilang cukup jauh.

“One Piece saja di toko buku besar, sekarang sudah Rp35.000 per satu komik. Di sini paling Rp15.000, paling tinggi Rp20.000,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner