komik

Dear Otaku, Jujutsu Keisen Kalahkan One Piece Sebagai Manga Terpopuler

Di penghujung tahun, Oricon, situs resmi yang mensurvei data serial manga mengumumkan judul-judul komik Jepang terpopuler.

Featured-Image
Jujutsu Keisen Kalahkan One Piece Sebagai Manga Terpopuler. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Di penghujung tahun, Oricon, situs resmi yang mensurvei data serial manga mengumumkan judul-judul komik Jepang terpopuler.

Dalam situs resminya yang didata dari tanggal 6 Desember 2021 sampai 28 November 2022, Oricon merilis data banyaknya manga yang dibaca dan laku terjual.

Penasaran nih para Otaku (penggemar manga Jepang) komik apa saja yang masuk daftar terpopuler? Berikut ulasannya:

Di posisi pertama, ada Jujutsu Kaisen dengan angka 12,28 juta kopi yang terjual. Manga yang diciptakan oleh Gege Akutami itu terbit mingguan di Majalah Shonen Jump (Shueisha) yang sirkulasinya melonjak tajam setelah penayangan film Jujutsu Kaisen 0 pada 24 Desember 2021.

Kemudian di posisi kedua ada Tokyo Revengers karya Ken Wakui yang terbit di majalah mingguan Shonen (Kodansha) dengan angka penjualan 11 juta eksemplar di Jepang.

Ketiga, ada Spy x Family yang mengisahkan sebuah keluarga mata-mata karya Tatsuya Endou dengan laku terjual 10,6 juta kopi.

Sayangnya One Piece yang biasa berada di nomor satu kini harus tersingkir ke peringkat keempat. Manga karya Eiichiro Oda itu laku terjual 10,3 juta kopi yang terbit mingguan di majalah Shonen Jump (Shueisha).

Lalu, di posisi kelima ada Boku no Hero Academia atau yang lebih dikenal dengan nama My Hero Academia dengan angka penjualan 5,5 juta kopi di Jepang. Komik ini diciptakan oleh Kohei Horikoshi.

Terus di peringkat keenam dijajaki oleh manga Kingdom karya Hara Yasuhisa dengan angka terjual 3,8 juta kopi di Jepang. Berikutnya ada Blue Lock yang terjual 3,5 juta kopi,

Selanjutnya ada Chainsaw Man dengan angka penjualan 3,4 juta kopi, Mystery to Iu Nakare dengan 3,1 juta, dan di posisi buncit ada Kaijuu No.8 karya Naoya matsumoto yang laku 3,1 juta eksemplar di Jepang.

Pencinta manga banyak yang berspekulasi, Jujutsu Kaisen awalnya tidak terprediksi laku sampai terpopuler selama dua tahun berturut-turut. Tapi komiknya berhasil mematahkan berbagai teori.

Dengan masuknya manga Spy x Family di posisi ketiga, pencinta manga sudah memprediksinya karena versi anime sangat digemari.

"Animasi dari serial Spy x Family membuat angka penjualan komik naik dua kali lipat pada 2022 dan ditambah 2 volume yang baru saja rilis. Anya menunjukkan kekuatannya," cuit Oricon dilansir detikhot, Rabu (30/11).

Sedangkan manga One Piece yang berada di posisi keempat punya 3 rival lainnya yang digemari pembaca muda. Meski begitu, One Piece yang bertengger lebih dari dua dekade menyumbang 50 persen penjualan komik di masa pandemi.

Editor


Komentar
Banner
Banner