Tips Teknologi

Cara Kembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus, Lakukan Langkah Ini

Sebagian pengguna WhatsApp masih banyak yang bingung untuk kembalikan chat yang tidak sengaja terhapus. Padahal chat tersebut sangat penting.

Featured-Image
Cara mengembalikan chat yang terhapus di WhatsApp (Foto: tangkapan layar/Blog WhatsApp)

bakabar.com, JAKARTA - Sebagian pengguna WhatsApp saat ini masih banyak yang bingung untuk mengembalikan chat yang tidak sengaja terhapus. Padahal beberapa yang hilang itu merupakan chat yang penting.

Nah, untuk dapat memulihkan riwayat chat, kita harus memastikan dulu kalau cadangannya telah tersedia. Jika belum memiliki cadangan, berikut adalah cara mengaktifkannya:

  • Buka WhatsApp > Opsi lainnya (titik tiga di pojok kanan atas) > Setelan > Chat > Cadangan Chat
  • Pilih akun Google yang anda inginkan untuk mencadangkan chat. Fitur ini dapat diaktifkan secara lokal, ataupun melalui Google Drive setiap hari, minggu, ataupun bulan.
  • Ketuk Cadangkan.

Baca Juga: WhatsApp Kini Tersedia di Wear OS Smartwatch, Tertarik Mencoba?

Jika dilihat dari blog resmi WhatsApp, beginilah beberapa cara memulihkan chat di aplikasi WhatsApp:

Memulihkan dengan menggunakan Google Drive

Setelah selesai melakukan pencadangan, WhatsApp akan mengembalikan chat yang lama. Namun, jika pengguna memasang WhatsApp tanpa cadangan sebelumnya dari Google Drive, maka WhatsApp akan secara otomatis memulihkan dari file lokal ponsel.

Ketuk 'Pulihkan' saat diminta untuk memulihkan chat dan media dari Google Drive. Setelah pemulihan selesai, ketuk 'Lanjut'.

Setelah itu, chat akan ditampilkan setelah semua proses inisialisasi selesai. WhatsApp akan melanjutkan pemulihan file media setelah chat dipulihkan.

Baca Juga: WhatsApp Hadirkan Dua Fitur Baru untuk Mudahkan Bisnis Pelaku UMKM

Memulihkan Chat dari Cadangan Lokal Terbaru

Untuk dapat memulihkan cadangan lokal, anda memerlukan komputer, file explorer, atau kartu SD untuk dapat mentransfer file ke ponsel.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi manajer file
  2. Jika data tidak tersimpan di kartu SD, anda mungkin akan dapat menemukannya di 'penyimpanan internal' ataupun 'penyimpanan utama'. Salin cadangan terbaru itu ke 'Database' penyimpanan lokal di telepon baru
  3. Pasang dan buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor telepon anda
  4. Ketuk 'Pulihkan' saat diminta untuk memulihkan chat dan media dari pencadangan lokal

Perlu diingat, ponsel akan menyimpan cadangan lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir. Sementara itu, cadangan lokal akan secara otomatis dibuat setiap harinya pukul 02.00.

Editor
Komentar
Banner
Banner