Tragedi Km 171

BREAKING! Jokowi Lembek Tuntaskan Tragedi KM 171 Tanah Bumbu

Presiden Jokowi tampak lembek menuntaskan jalan nasional KM 171 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang telah dibiarkan tanpa penanganan selama berbulan-bulan. 

Featured-Image
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat blusukan ke Pasar Brahrang, Binjai, Jumat (25/8). Foto: apahabar.com/Budi Warsito.

bakabar.com, BINJAI - Presiden Jokowi tampak lembek menuntaskan jalan nasional KM 171 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang telah dibiarkan tanpa penanganan selama berbulan-bulan. 

Sebab Jokowi menjanjikan akan membereskan sengkarut jalan longsor yang diduga akibat aktivitas tambang ilegal pada tahun ini atau tahun depan. 

"Kalau tidak tahun ini, ya tahun depan kita selesaikan," kata Jokowi di Pasar Brahrang, Kota Binjai, Jumat (25/8).

Baca Juga: Binjai Mendadak Mulus, Jokowi Amnesia Km 171 Tanah Bumbu!

Jokowi menerangkan sejumlah ruas jalan di sejumlah wilayah telah diidentifikasi dan ditangani. Tetapi tragedi KM 171 yang tergolong jalan nasional masih dibiarkan tak tertangani. 

"Banyak jalan yang sudah kita mulai (perbaiki) tapi memang belum semuanya. Akan kita kerjakan semuanya. Identifikasinya sudah semua, termasuk jalan tadi sudah masuk," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Paman Birin Desak Pusat Segera Tangani Tragedi KM 171

Baca Juga: DPR Desak Pemerintah Tuntaskan Tragedi KM 171 Tanah Bumbu!

Sebelumnya, Jalan nasional KM 171 yang menjadi nadi di Tanah Bumbu terus menjadi keluhan masyarakat. Hal ini sudah disampaikan berkali-kali ke pejabat di Pusat, namun jalan tersebut tak urung diperbaiki sejak mengalami amblas.

Amblasnya jalan membuat pengendara belum bisa melalui jalan penghubung Tanah Laut-Tanah Bumbu. Rumah warga ikut retak-retak, diduga sebagai dampak dari aktivitas pertambangan yang semakin mepet ke jalan.

Longsor terjadi dan merusak 200 meter ruas jalan. Adapun kerusakannya mencapai sepanjang 20 meter. Masih berpotensi melebar. Selain jalan nasional, setidaknya 23 rumah rusak-rusak. Belum termasuk sebuah rumah tanpa penghuni yang ikut ambruk.

Jalan nasional Km 171
Badan jalan yang amblas tak jauh dari longsor jalan nasional Km 171.

Fenomena no viral no justice atau tak viral tak ada keadilan berlaku lagi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. 

Alih-alih memperbaiki jalan nasional Km 171 yang longsor sepuluh bulan terakhir, pemerintah malah mendadak sibuk memperbaiki jalan berlubang di Binjai Sumatera Utara jelang kedatangan Jokowi.

Pantauan bakabar.com, perbaikan jalan tiba-tiba terlihat di Jalan Gunung Sinabung Binjai Selatan, Kamis (24/8). Sejumlah jalan berlubang di sana juga telah diaspal. 

Baca Juga: Politik Sepekan: Anies Soroti KM 171 hingga Kisruh Food Estate Jokowi

Jelaslah itu kontras dengan Km 171. Tepat 28 Agustus nanti jalan itu genap 11 bulan belum tersentuh aspal perbaikan. Sebanyak 23 kepala keluarga terpaksa dibuat mengungsi. Arus lalu lintas dari Banjarmasin menuju ibu kota Nusantara masih tersendat. 

Sebagai pengingat, Km 171 ambrol akibat gerusan tambang batu bara diduga ilegal yang setahun terakhir terus meneror jalan nasional tersebut.

Baca Juga: Tragedi Km 171 Tanbu, Anang Rosadi: Mana Janjimu Jokowi!

"Jokowi memang amnesia," jelas ketua Gerakan Jalan Lurus Kalsel, Anang Rosadi Adenansi, Kamis malam (24/8).

Km 171 Tanah Bumbu dalam Angka. Infografis bakabar.com (Revisi))
Km 171 Tanah Bumbu dalam Angka. Infografis bakabar.com
Editor


Komentar
Banner
Banner