liga 1

Berstatus High Risk, Laga Persebaya Surabaya Vs Arema FC Ditunda

Resiko pertandingan dimana adanya rivalitas suporter yang tinggi antara Persebaya vs Arema sehingga dikeluarkan rekomendasi penundaan laga.

Featured-Image
Suasana pemain Persebaya saat latihan. (Foto: dok. persebayafc)

bakabar.com, Surabaya – Pertandingan pekan ke-28 Liga 1 Indonesia antara Persebaya Surabaya versus Arema FC, akhirnya secara resmi ditunda. Laga derby Jatim ini sendiri rencananya diselenggarakan tanggal 5 maret 2023, di stadion Joko Samudra, Gresik.

Namun, lewat akun Instagram klub, Persebaya Surabaya mengumumkan bahwa duel kontra Arema FC tidak akan terselenggara seperti rencana. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi, akan mengumumkan penjadwalan ulang untuk duel panas tersebut.

Tidak dapatnya izin pemakaian Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, oleh dispora setempat, serta tidak adanya jawaban dari PSSI terkait rencana pemindahan laga ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, menjadi alasan ditundanya laga antara Persebaya kontra Arema.

"Lawan Arema FC sepertinya kami meminta laga ini ditunda saja. Karena gini, yang jelas kalau pertandingan ini dilakukan di wilayah dengan stadion dengan akreditasi rendah, ini berbahaya. Karena laga ini high risk jadi harus akreditasinya (stadion) yang tinggi mungkin itu," tegas Manajer Persebaya Yahya Alkatiri, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Gagal di Carabao Cup, Newcastle Dapat Pesan Spesial dari Pemilik Klub

Hal ini juga sesuai dengan rekomendasi Polda Jawa Timur untuk menunda jadwal pertandingan tersebut, dikarenakan infrastruktur Gelora bung TOmo masih dalam tahap renovasi untuk persiapan Piala Dunia u -20.

“Dan juga alasan yang kedua adalah resiko pertandingan dimana adanya rivalitas suporter yang tinggi antara Persebaya dan Arema. Oleh sebab itu, Polda Jatim merekomendasikan pertandingan dilaksanakn di luar Jawa timur dan tanpa penonton,“ ujar Kombes Pol Dirmanto, Kabid Humas Polda Jatim, Kamis (2/3/2023)

Sebelumnya Persebaya telah melayangkan surat kepada PSSI dan PT LIB per tanggal 23 Februari 2023 lalu. Surat yang berisikan tentang laga penundaan melawan Arema FC.

Baca Juga: Graham Potter Ketar-ketir, Zidane Kandidat Utama Jadi Pengganti

“Di tanggal 1 Maret 2023 ini PT LIB baru saja membalas surat pengajuan dari Persebaya untuk menunda laga. Dan pihak LIB pun memberikan balasan resmi ditunda dan akan dijadwalkan kembali oleh LIB,” Ujar Yahya Alkatiri.

Otomatis dengan penundaan ini, Persebaya memiliki 3 laga tunda selama putaran kedua BRI Liga 1.

Ketiga laga itu terdiri dari pertemuan melawan Persikabo, Dewa United dan yang terbaru Arema FC.

Editor
Komentar
Banner
Banner