Kecelakaan Kereta

Berkaca dari Insiden KA Brantas vs Truk, Begini Cara Aman Lintasi Rel

Insiden antara Kereta Api Brantas versus truk tronton di Jembatan Madukoro, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (18/7) malam, masih menimbulkan tanda tanya.

Featured-Image
Kondisi terbaru perlintasan kereta api di Madukoro Semarang Barat.Foto: Tribun

bakabar.com, JAKARTA - Insiden antara Kereta Api Brantas versus truk tronton di Jembatan Madukoro, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (18/7) malam, masih menimbulkan tanda tanya.

Pasalnya, hingga saat ini pihak kepolisian yang berwenang belum mengumumkan apa yang menjadi penyebab truk tersebut berhenti di perlintasan rel kereta api.

Berkaca dari peristiwa yang mengakibatkan satu orang terluka itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melintasi rel kereta api, agar dapat meminimalisir kejadian serupa terulang kembali.

Pakar Keselamatan Berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menekankan bahwa para pengendara mesti memahami kiat-kiat menghindari peristiwa yang tidak terduga seperti mogok atau berhenti tiba-tiba di tengah rel.

"Jaga jarak dan melintas satu per satu adalah kunci menghindari mogok di tengah rel kereta api," ucap Sony saat dihubungi bakabar.com, Kamis (20/7).

Baca Juga: PT KAI Buka Suara Soal Kecelakaan di Semarang, Ada Normalisasi Jalur Kereta

Untuk dapat memastikan ada atau tidaknya kereta yang ingin melintas, ia menyarankan agar setiap pengendara memerhatikan betul-betul segala tanda yang ada.

"Berhenti sesaat (di perlintasan kereta), 3 meter sebelum rel. Mau ada atau pun tidaknya palang pintu. Lalu, matikan audio dan buka jendela sebesar 10 cm," terang pria berkacamata itu.

Selanjutnya, ia meminta agar pengendara selalu memerhatikan ada atau tidaknya kereta yang akan datang di perlintasan.

"(Selalu) perhatikan 2 hal, kereta dan lintasan. Menoleh, mendengarkan dan memastikan aman sebelum melintas," tukasnya.

Baca Juga: Belajar dari Pengemudi Bayar Tol Rp724 Ribu, Awas Jangan Lakukan Ini!

Setelah memastikan hal-hal tersebut, baru lah pengendara bisa melintas dengan hati-hati. Dan sesegera mungkin, agar tidak menimbulkan kepadatan atau kendaraan lainnya menjadi tersendat.

"Hati-hati bukan pelan-pelan ya, tapi sesegera mungkin dan penuh perhitungan. Tidak masalah nantinya kendaraan bergoncang ketika melintas, yang penting tidak stuck," pungkasnya.

Dalam peristiwa kecelakaan KA Brantas vs truk itu, sebanyak 626 penumpang berhasil selamat ke tujuan.

Baca Juga: Sebelum Trade-in, Ini Tips agar Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi

Kejadian tersebut mengakibatkan satu penumpang terluka karena loncar dari kereta dan sudah dirawat di rumah sakit.

Sopir truk yang sempat tidak ditemukan di lokasi kejadian juga kini sudah diamankan oleh polisi.

Sopir dan kernet truk tronton bernomor polisi B 9943 IG itu sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Editor
Komentar
Banner
Banner