ASEAN Business Awards

ASEAN Business Awards 2023, Arsjad: Ajang Inovasi Bisnis di Kawasan

Pendaftaran ABA 2023 resmi dibuka sebagai ajang memberikan pengakuan dan merayakan keberhasilan serta inovasi bisnis di lingkup ASEAN.

Featured-Image
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) sekaligus Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Foto: Kadin Indonesia

bakabar.com, JAKARTA - Pendaftaran ASEAN Business Awards (ABA) 2023 resmi dibuka sebagai ajang untuk memberikan pengakuan dan merayakan keberhasilan serta inovasi bisnis di lingkup ASEAN.

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid sekaligus Ketua Umum Kadin Indonesia mempersilakan perusahaan, UMKM dan individu untuk berpartisipasi dan mendaftarkan dirinya sebagai bagian integral dalam pertumbuhan ekonomi ASEAN yang sangat inklusif.

“ABA 2023 bukan sekedar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi ekspresi konkret komitmen dan dukungan industri, UMKM serta individu terhadap kemajuan, inovasi juga visi inklusivitas, sentralitas dan pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (30/5).

ABA 2023 menawarkan delapan pilar penghargaan yang terdiri dari lima pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan UMKM, sementara tiga pilar yang lainnya adalah untuk kategori individual. Secara total akan ada 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang.

Baca Juga: Kembangkan Inovasi Bisnis, 'SiCepat' Transisi ke Motor Listrik

Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri dari pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Fasilitasi Perdagangan dan Investasi.

Pilar ini akan diisi oleh 10 kategori penghargaan yaitu The Bionic Company, The Best CX, Net-Zero Leader, Plastic Waste Circularity, Sustainable Crop Production, Tech for Sustainable Agriculture, Health Innovation, Corporate Health Achievement, Export Growth, dan Innovative Investment.

Selain itu, pada kategori individual terdapat tiga pilar penghargaan yang terdiri dari Women, Youth, dan Friends of ASEAN. Ketiga pilar ini memiliki masing-masing satu kategori penghargaan, yaitu ASEAN Women Leader, ASEAN Under 40, dan Friends of ASEAN.

Registrasi ABA 2023 resmi dibuka pada tanggal 29 Mei lalu dan ditutup pada tanggal 14 Juli. Untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut dan detail mengenai registrasi pendaftaran ABA 2023 dapat mengakses laman www.aseanbacindonesia.id.

Baca Juga: Wujudkan Bisnis Berkelanjutan, PGE Jajaki Kerja Sama dengan Jepang

Tahap screening dan shortlisting pemilihan nominasi akan dilakukan hingga Agustus mendatang dengan melibatkan juri-juri berpengalaman untuk memastikan kelayakan dan keunggulan para nominator.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada 4 September 2023 yang disertai pertunjukan budaya dari negara-negara ASEAN.

Arsjad Rasjid meyakini ABA 2023 akan menarik nominasi yang lebih luas dan beragam, menguatkan integrasi ekonomi ASEAN dan menunjukkan kekuatan dan potensi kawasan ini kepada dunia. Ia berharap pebisnis besar, UMKM maupun individu di ASEAN akan memanfaatkan kesempatan berharga ini.

Sebelum malam penghargaan ABA 2023 digelar, akan diadakan juga ASEAN Business Investment Summit (ABIS) 2023 pada 3-4 September 2023. Forum yang melibatkan pemimpin pemerintah, pelaku bisnis dan pembuat kebijakan dari ASEAN ini akan membahas tantangan ekonomi utama di Asia Tenggara dan upaya mengatasinya.

Editor
Komentar
Banner
Banner