Debat Capres

Anies Ingin Indonesia Kembali Jadi Pemimpin di Selatan

Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan ingin agar Indonesia tidak hanya menjadi penonton di panggung internasionaal. Penyataan ini menanggapi perta

Featured-Image
Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan menyampaikan visi dan misi dalam debat Pilpres 2024 di GBK Jakarta Pusat, Minggu (7/1) malam. Foto: Tangkap Layar Live YouTube

bakabar.com, JAKARTA - Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan ingin agar Indonesia tidak hanya menjadi penonton di panggung internasionaal. Penyataan ini menanggapi pertanyaan peran Indonesia berkaitan dengan isu Selatan-Selatan.

Anies menjelaskan bahwa Indonesia harus menjadi pemimpin negara-negara ASEAN berkaitan dengan berbagai isu. Karena para pendiri bangsa seperti Bung Karno dan Ali Sastroamidjojo yang mampu merangkul semua negara Selatan.

"Yang harus dilakukan Indonesia adalah Bung Karno, Ali Sastroamidjojo mampu merangkul semua, dan membawa apa yang menjadi agenda Selatan-Selatan, bukan mebawa agenda kita sendiri," kata Anies dalam debat Capres, Minggu (7/1).

Baca Juga: Debat Pertahanan, Anies Baswedan Ngomongin Film

Anies menegaskan bahwa sebagai negara besar, Indonesia harus mampu menjadi pemimpin negara-negara ASEAN. Dan di sana adalah panggung presiden untuk mengulangi sejarah yang pernah dicatat para pendiri bangsa.

"Kita perlu menjangkau pemimpin Selatan-Selatan dan presiden bisa menjadi panglima diplomasi bukan hadir di forum-forum menjadi penonton tapi datang membawa agenda Selatan-Selatan," tuturnya

"Ketika kita bicara Selatan-Selatan kita juga bicara dengan Utara, membicarakan bagaimana misalnya climate change dan Indonesia menjadi pemimpin Selatan-Selatan," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner