Europa league

Arsenal vs PSV, Xhaka Antarkan The Gunners Melaju ke Babak 32 Besar Europa League

Arsenal sukses menggasak PSV dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal yang dilesakkan Granit Xhaka sekaligus mengamankan tiket ke babak 32 besar Liga Europa

Featured-Image
Granit Xhaka bawa Arsenal menang 1-0 lawan PSV Eindhoven pada laga Europa League. (Foto: Twitter @EuropaLeague)

bakabar.com, JAKARTA – Gol tunggal Granit Xhaka sukses membawa Arsenal meraih poin penuh ketika menjamu PSV Eindhoven di Liga Europa 2022/2023.

The Gunners mendapatkan perlawanan sengit ketika menjamu PSV Eindhoven di Emirates Stadium dalam lanjutan fase Grup A Europa League, Jumat (21/10) dini hari WIB.

Meriam London hanya mampu mencetak satu gol pada pertandingan tersebut lewat sontelan pemain asal Swiss, Granit Xhaka.

Dengan kemenangan tersebut, Tim London Utara kokoh di puncak klasemen grup A mengoleksi 12 poin, sekaligus mengamankan tiket ke babak 32 besar Liga Europa dengan dua laga tersisa.

Sedangkan tim tamu, PSV Eindhoven berada di posisi kedua dengan perolehan tujuh poin dari empat laga yang sudah mereka jalani.

Babak Pertama

Kedua tim bermain sengit sejak laga baru dimulai. Tuan rumah mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-11.

Lewat aksi individu Bukayo Saka yang mampu menembus pertahanan PSV, kemudian melepas umpan silang yang berhasil disambut Kieran Tierney dengan tendangan voli tapi bola masih melambung di atas gawang yang dijaga Walter Daniel Benitez.

Baca Juga: PSV Eindhoven Bertandang ke Arsenal, Cody Gakpo Berpeluang Hancurkan Meriam London

Selang satu menit, giliran Granit Xhaka yang mencoba peruntungannya, melalui umpan pendek yang diberikan Gabriel Jesus di dalam kotak penalti. Namun sayang tendangan kaki kirinya masih melebar di sisi kanan gawang PSV.

Arsenal terus menggempur pertahanan PSV Eindhoven, kali ini lewat Gabriel Jesus di menit ke-20 yang menembak bola dari luar kotak tapi tendangannya masih melebar.

Arsenal selalu melepaskan umpan-umpan silang ke dalam kotak penalti. Namun sayang, belum ada satu gol pun yang tercipta dari pola serangan anak asuh Mikel Arteta tersebut.

Jika mengacu pada statistik pertandingan di babak pertama, Arsenal sudah melepaskan delapan tembakan dengan penguasaan bola 63%. Tapi kebuntuan masih saja dialami Meriam London.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Granit Xhaka cs kembali mendominasi permainan. Ketika babak kedua baru berjalan tujuh menit, Arsenal kembali mendapat peluang lewat Jesus.

Tembakan yang diarahkan ke gawang PSV ternyata masih terlalu lemah, sehingga mudah diamankan oleh kiper Walter Benitez.

Baca Juga: Kemenangan Arsenal vs Leeds United Diwarnai Pemadaman Listrik

Dua menit berselang giliran Bukayo Saka yang mendapat peluang yang sudah berada 1 lawan 1 dengan kiper PSV.

Namun, tendangannya masih mudah diantisipasi Benitez, yang membuat gawangnya belum mengalami kebobolan.

PSV sempat mendapat peluang terbaiknya melalui Philipp Mwene bersama dengan Xavi Simons, tapi usaha kedua pemain tersebut belum membuahkan gol.

Kebuntuan Meriam London akhirnya pecah di menit ke-70 lewat gol yang disarangkan oleh Granit Xhaka.

Berawal dari umpan silang Takehiro Tomiyasu dari sisi kanan pertahanan PSV, Xhaka berhasil memanfaatkan umpan menjadi gol, lewat tendangn first time.

Baca Juga: Arsenal vs Bodoe/Glimt, The Gunners Sedang Melangit Siap Menjamu Tamu yang Rumit

Meski sudah unggul, Arsenal terus menggempur pertahanan tim tamu, namun penampilan gemilang kiper PSV itu selalu menggagalkan peluang-peluang The Gunners.

Hingga babak kedua usai, skor tetap tak berubah 1-0 untuk kemenangan Arsenal atas PSV Eindhoven.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Matt Turner; Takehiro Tomiyasu, Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney, Albert Sambi Lokonga, Granit Xhaka, Bukayo Saka, Fabio Vieira, Eddie Nketiah, Gabriel Jesus

Pelatih: Mikel Arteta

PSV Eindhoven (4-2-3-1): Walter Benitez; Philipp Mwene, Andre Ramalho, Armando Obispo, Philipp Max, Ibrahim Sangare, Erick Gutierrez, Xavi Simons, Joey Veerman, Cody Gakpo, Guus Til.

Klasemen Sementara Grup A Europa League 2022/2023

Klasemen Grup A Europa League
Klasemen Grup A Europa League



Editor


Komentar
Banner
Banner