News

Arifin Tasrif Sebut Salah Satu Dukungan Elektrifikasi EBT Berasal dari Patriot Energi

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengpresiasi peserta patriot energi, dalam upaya…

Featured-Image
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif. Foto: CNN Indonesia

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengpresiasi peserta patriot energi, dalam upaya mendukung transisi menuju penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, khususnya di desa daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan wilayah transmigrasi (4T).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menjelaskan rasio elektrifikasi nasional sudah mencapai 99,2 persen. Sehingga masih menyisakan sekitar 0,8 persen masyarakat yang belum bisa menikmati listrik. Selain itu, menurutnya masih ada desa yang belum bisa menikmati listrik dan ada sekitar 3.090 desa yang listriknya masih menggunakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

"Dalam upaya melibatkan generasi muda, kementerian ESDM telah melaksanakan program patriot energi bekerjasama dengan yayasan IBEKA dengan tujuan mendorong keterlibatan generasi muda dalam pendampingan, pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan pembangkit EBT secara berkelanjutan," ungkapnya dalam siaran daring, Senin (29/8).

Dia juga menambahkan dalam waktu 10 bulan patriot energi sudah mampu melakukan pendampingan di 98 desa yang terletak di 33 kabupaten dari 13 provinsi. Selain itu, dengan berhasil dibuatnya penyusunan pra studi kelayakan untuk solar home system di 12 desa dan PLT Surya di 67 desa dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan di daerah 4T.

Arifin juga mengungkapkan Kementerian ESDM sangat mendukung transisi energi yang berurusan kepada manusia. Sehingga tidak hanya mencakup peralihan ke energi yang lebih bersih, namun juga menyangkut penyediaan kesempatan kerja dan ketrampilan, peningkatan pembangunan sosial dan ekonomi, serta kesetaraan dan keadilan yang melibatkan masyarakat secara aktif.

Dalam rangka penyediaan akses energi bersih, pihaknya juga sudah membangun sejumlah infrastruktur meliputi pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik mikro hidro, hybrid, bio massa, lampu tenaga surya hemat energi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para patriot energi yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam rangka mendukung upaya peningkatan rasio elektrifikasi desa melalui penyediaan listrik di dalam 4T berbasis energi baru terbarukan," tutupnya

Reporter: Thomas



Komentar
Banner
Banner