Fasilitas Pendidikan

Ambisi Jawa Barat Bangun 114 Sekolah Menengah dalam Lima Tahun

114 sekolah SMK dan SMA negeri baru di Jawa Barat bakal dibangun. Ditargetkan rampung dalam lima tahun ke depan.

Featured-Image
Pembangunan 114 sekolah SMK/SMA negeri baru di Jawa Barat ditargetkan selesai dalam lima tahun. (Foto: ilustrasi)

bakabar.com, BANDUNG - 114 sekolah SMK dan SMA negeri baru di Jawa Barat bakal dibangun. Ditargetkan rampung dalam lima tahun ke depan.

Plh Sekda Jabar, Taufik Budi Santoso memberi penjelasan. Dengan dibangunnya 144 sekolah baru itu, maka seluruh kecamatan di sana bakal punya SMA dan SMK negeri.

Lantas, berapa budget-nya? Taufik tak bisa menyebut angka pasti. Dia bilang satu sekolah butuh sekitar Rp3 miliar.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bubarkan Program JQR Ridwan Kamil

"Angkanya nanti kami sampaikan lebih lanjut. Yang pasti pembangunan satu sekolah membutuhkan anggaran kurang lebih Rp3 miliar. Itu kebutuhan minimal, belum termasuk aset tanahnya itu tergantung lokasi," katanya, Rabu (10/1).

Tapi, sebelum dibangun, Pemprov Jabar bakal memastikan sekolah saat ini masih beraktivitas. Namun bukan pada aset pemerintah.

"Kami mulai 2024 ini. Paling tidak memastikan dulu sekolah-sekolah yang sekarang masih melakukan kegiatannya bukan di asetnya pemprov," ucapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan ASN Pemprov Adopsi Spirit Tim JQR

Hingga saat ini, Pemprov Jabar terus menginventarisir. Termasuk bekerja sama dengan pemda kabupaten dan kota. Terkait upaya pemanfaatan fasilitas umum dan fasilitas sosial menjadi fasilitas pendidikan.

Selain itu, dalam pembangunan 144 sekolah baru, mereka juga membuka kemungkinan kerja sama dengan badan usaha. Melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR).

"Kita membuka kemungkinan dari CSR untuk anggarannya kalau ada badan usaha yang mau berkontribusi," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner